Zudan Optimis Gorontalo Bisa Masuk LPPD Terbaik

Gorontalo – Penjabat Gubernur Gorontalo Zudan Arif Fakrulloh membuka secara resmi bimbingan teknis (Bimtek) untuk penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD), Senin (6/3) bertempat di Ballroom Hotel Grand Q

Pada kesempatan itu Zudan mengatakan jika pelaksanaan Bimtek LPPD, dalam hal ini yang akan disampaikan oleh pemerintah provinsi benar-benar bisa memenuhi syarat dan akurat, maka tidak menutup kemungkinan LPPD Provinsi Gorontalo bisa masuk dalam skala nasional.

“Oleh karena itu tuliskan apa yang dikerjakan dan capaiannya, yang dituangkan nanti harus substantif. Penyusunan LPPD berdasarkan etos kerja kita yang tentu saja harus membahagiakan masyrakat. Jika seperti ini yang kita lakukan tidak menutup kemungkinan LPPD pemerintah Provinsi, Kab/Kota akan memperoleh kriteria sangat tinggi, paling tidak penilaian kerja bisa masuk 10 besar nasional,” ungkap Zudan.

Lebih lanjut ia mengatakan LPPD menempati posisi penting untuk pemetaan sekaligus evaluasi capaian program pemerintah dan efeknya untuk pembangunan. Karena itu akurasi data yang dituangkan dalam LPPD sangatlah berarti.

“Pengalaman saya 6 tahun menjabat di Biro Hukum Kemendagri, tidak sedikit daerah yang ditemukan sebarang manaruh angka dalam LPPD. Saya tidak inginkan ini terjadi di Provinsi Gorontalo,” sambungnya.

Zudan juga menjelaskan, keharusan LPPD sebagai evaluasi, berangkat dari ide desentralisasi dalam konteks kenegaraan yang lahir dari pasal 4 ayat (1), pasal 17, dan pasal 18 konsititusi. Dalam pasal 4 ayat (1) disebutkan presiden sebagai pemegang kekuasaan negara. Dari ayat itu kemudian lahir pasal 17 yang menerangkan presiden dibantu menteri yang membidangi urusan pemerintahan. Selanjutnya, urusan pemerintahan ini dikirim ke pasal 18 berdasarkan desentralisasi, asas otonomi daerah dan tugas pembantuan.

“Oleh karena urusan diberikan pusat ke daerah, maka wajib bagi pusat melakukan evaluasi apakah program ke daerah berjalan dengan baik. Nah, instrumennya adalah LPPD. Karena itu data harus akurat,” tutupnya.

Sesuai rencana, pelaksanaan Bimtek kemarin, akan berlangsung selama dua hari dengan Simulasi Pengisian LPPD hari ini, (8/3) (Ecin – Tim Redaksi Humas)

83 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply