Zudan: Itu Bukan KTP-El Ganda, Tapi KTP-El Yang Dipalsukan

 

 


Menanggapi pemberitaan yang viral di media sosial tentang temuan seseorang yang memiliki tiga KTP-El dengan identitas yang berbeda, Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI, Prof. Zudan Arif Fakrulloh menegaskan, KTP-El tersebut bukan KTP-El ganda, tetapi KTP-El yang dipalsukan.

 

“Saya pastikan itu bukan KTP-El ganda, tapi KTP-El yang dipalsukan,” tegasnya.

 

Zudan menjelaskan, sesaat setelah dirinya menerima pesan melalui whatsapp menyangkut laporan adanya satu orang yang memiliki 3 KTP-El dengan nama Sukarno, Saidi, dan Mada, Zudan yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Gorontalo, langsung membuka masing-masing NIK tersebut pada database Dukcapil.

 

“Ternyata NIK untuk ketiga nama itu benar, tetapi fotonya berbeda. Saat itu juga saya nyatakan KTP-El itu palsu, karena sesuai data center kita, identitas dan foto pada KTP-El itu berbeda,” jelas Zudan saat menjadi narasumber pada salah satu program televisi swasta nasional, Sabtu (4/2) malam.

 

Terkait penggunaan KTP-El pada pemungutan suara Pilkada serentak yang akan berlangsung pada 15 Februari mendatang, Zudan mengungkapkan, permasalahan yang harus diantisipasi oleh penyelenggara Pilkada yang ada di TPS, yakni ketika orang yang menggunakan KTP-El datang pada satu jam terakhir proses pemungutan suara. Dalam kondisi seperti ini petugas TPS harus lebih cermat, namun bila ada keraguan dengan KTP-El itu, petugas TPS harus segera melakukan validitas data KTP-El dengan menghubungi Dinas Dukcapil setempat.

 

“Langkahnya sangat mudah, segera hubungi SMS center atau Call center Dinas Dukcapil setempat dengan menyebutkan 16 digit NIK atau di foto saja KTP-El itu, dalam waktu tak lebih dari dua menit petugas TPS akan memperoleh konfirmasi dari Dinas Dukcapil, karena sangat mudah untuk mengecek keaslian KTP-El, begitu dimasukkan NIK, disearching dan langsung ketemu datanya,” tandas Prof. Zudan. (Haris-Tim Redaksi Humas)

113 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply