Zudan : Bahasa Daerah Penting Diajarkan Sejak Dini

Gorontalo – Bahasa lokal atau bahasa daerah (red-bahasa Gorontalo) menjadi pelajaran yang sangat penting untuk diajarkan sejak usia dini kepada anak-anak. Mengingat Zaman modern seperti ini sudah banyak anak  yang tidak mengenal lagi atau bahkan tidak fasih dalam berbahasa daerah. Hal  ini disampaikan oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Zudan Arif Fakrulloh, pada  pengukuhan GOPTKI , Rabu (22/3).

Zudan mengatakan sudah hampir enam bulan ia bertugas di Gorontalo, bahasa Indonesia anak didik disini sangat lancar dan bagus. Tetapi bahasa daerah sendiri yaitu bahasa Gorontalo masih banyak anak yang tidak bisa atau bahkan tidak tahu sama sekali bahasa daerah mereka.

“Untuk itu saya memohon kepada pengurus taman kanak-kanak dan Paud agar mengajarkan terlebih dahulu anak-anak tentang bahasa daerah kita sendiri, sehingga anak anak kita dari kecil, minimal menguasai beragam macam bahasa. Diajarkan saja dulu bagaimana bahasa tuturnya. Jadi, mari kita rubah struktur pembelajaran kita jangan biasakan mengajarkan tulisan, ajarkan tutur bahasa atau ucapan agar anak-anak terbiasa dalam berucap,” ungkap Zudan.

Ia juga menambahkan, ini bisa membuat kreativitas anak didik muncul, anak-anak kita jika ingin tumbuh dan berkembang dengan sangat bagus dan bisa menjadi multi talenta semua harus kita kembangkan maka otak anak akan tumbuh dengan sempurna kemampuannya.

“Ketika semua sensor-sensor otak utama anak dikembangkan, maka kemampuan mereka akan terus berkembang. Jika hanya sebagian sensor otak anak yang ingin dikembangkan maka hanya kemampuan tertentu saja yang akan berkembang,” tandasnya. (Ecin – Tim Redaksi Humas)

201 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply