Zudan Arif : Sukseskan GERMAS Untuk Indonesia Kuat

Gorontalo – Upaya untuk menumbuhkan Pola Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) menjadi target yang kini terus di dorong oleh Pemerintah Provinsi, seruan positive ini dikemukakan oleh Plt Gubernur Gorontalo Zudan Arif Fakhrulloh, dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 Provinsi Gorontalo, Sabtu (12/11).

“terkait pola hidup bersih dan sehat sejalan dengan kesehatan. Kesehatan adalah tolak ukur utama, untuk menilai bahwa masyarakat itu sejahtera dan bahagia atau tidak, jadi kami pemerintah akan terus mendorong PHBS ini,” kata Plt Gubernur.

Lebih lanjut Zudan Arif menjelaskan menyangkut masalah kesehatan pemerintah telah mencetuskan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

“di Gorontalo program ini sudah di gencarkan oleh Dinas Kesehatan setempat. pelaksanaan Germas dilakukan dengan pendekatan keluarga, jadi diharapkan melalui gerakan ini penting sekali untuk mengedukasi masyarakat agar berperilaku sehat, mengajak mereka membiasakan hidup sehat dan memberikan tanggung jawab menjaga diri sendiri, keluarga dan lingkungannya,” tegas Zudan Arif.

Pada kesempatan itu pula Zudan Arif membacakan sambutan Menkes RI. dalam sambutannya Menkes menyatakan jika pencegahan penyakit sangat tergantung pada perilaku individu, didukung oleh kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana serta dukungan regulasi untuk hidup sehat.

“Dengan demikian Menkes berharap adanya keterlibatan langsung dari pemerintah setiap daerah, untuk mendorong masyarakat berperilaku hidup sehat, sejalan dengan tema HKN kali ini yakni “Masyarakat Hidup Sehat,Indonesia Kuat,” pungkasnya.

336 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply