Winarni Monoarfa Mundur, PMI Gorontalo Dipimpin Plh

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tengah) didampingi Plh Ketua PMI Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki (kanan) saat menghadiri Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) PMI bertempat di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo, Rabu (26/12/2018). Muskerwil PMI mengevaluasi kerja tahun 2018 dan merencanakan program tahun 2019. (Foto: Salman-Humas).

KOTA GORONTALO Mantan Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa memilih mundur dari jabatannya sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Gorontalo terhitung mulai tanggal 23 September 2018. Hal itu dikonfirmasi oleh Pelaksana Harian (Plh) Ketua PMI Budiyanto Sidiki pada Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) PMI, Rabu (26/12/2018).

“Maka secara organisasi pak Ishak Liputo sebagai Plh Ketua PMI Gorontalo yang memimpin jalannya roda organisasi sampai dengan pelaksanaan Musyawarah Luar Biasa paling lama satu tahun,” terang Budi.

Baca Juga :  Angka Kemiskinan Provinsi Gorontalo Turun Jadi 16,81 Persen

Lebih lanjut Budi menjelaskan, Ishak Liputo sebagai Plh Ketua PMI berstatus cuti mengingat yang bersangkutan ikut sebagai peserta Pemilu 2019. Untuk mengefektifkan roda organisasi, maka PMI Gorontalo menunjuk dirinya sebagai Plh Ketua.

“Maka kami laporkan pak Ishak Liputo harus cuti karena menjadi calon anggota DPD RI, sehingganya melalui Rapat Pleno Pengurus PMI saat itu memberikan amanah ke saya sebagai Plh PMI sampai masa cuti selesai,” jelasnya.

Terkait dengan pelaksanaan Muskerwil, Budi menyebut pertemuan tersebut untuk mengevaluasi kinerja tahun 2018 serta merencanakan program tahun 2019.

Beberapa program yang telah dilaksanakan yakni penyiapan aplikasi donor darah online berbasis android, aksi donor darah serta aktif berperan dalam aksi penanggulangan bencana di sejumlah daerah.

Baca Juga :  Cegah Korupsi, Gubernur Gorontalo Teken Kerjasama APIP-APH

“Aplikasi donor darah online untuk mempermudah masyarakat mencari stok darah di UTD yang ada layaknya seperti aplikasi taksi online. Aplikasi ini rencananya akan diluncurkan pada tanggal 23 Januari 2019 nanti,” tambah Budi Sidiki yang juga menjabat Kepala Bapppeda Provinsi Gorontalo.

Sementara itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie selaku pelindung PMI meminta agar pengurus dan kader PMI terus meningkatkan konsolidasi dengan PMI kabupaten/kota. Ia juga meminta agar para pengurus dan kader tulus dan ihlas untuk misi kemanusiaan.

“Kalian adalah orang-orang pilihan yang punya dedikasi, tulus ihlas dan rela berkorban untuk kemanusian. Di PMI jangan berharap apa-apa, ini organisasi kemanusiaan yang kita harus berkorban. Saya Alhamdulillah pengurus PMI pernah jadi bendahara, wakil ketua, ketua dan sekarang menjadi pelindung kalian,” pesan Rusli.

Baca Juga :  Pansel Umumkan Tiga Kandidat Sekdaprov Gorontalo, Ini Daftarnya!

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Rusli menyerahkan bantuan dana hibah bagi PMI Kabupaten/Kota. Setiap organisasi mendapat dana hibah Rp150 Juta. Muskerwil juga dirangkaikan dengan penerimaan kembali kontingen Gorontalo usai Temu Karya Relawan Nasional (TKRN) VI di Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Pewarta: Isam

388 total views, 3 views today

Berita Terkait

Angka Kemiskinan Provinsi Gorontalo Turun Jadi 16,... Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kemeja putih) saat pelaksanaan operasi pasar ikan murah jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H, bulan Juli lalu. Tahun ...
Pansel Umumkan Tiga Kandidat Sekdaprov Gorontalo, ... Anggota Panitia Seleksi (Pansel) Rauf A. Hatu (tengah) didampingi Kaban BKD Pemprov Gorontalo RIdwan Yasin (kanan) saat memberikan keterangan pers ke...
Tags: