Warga Syukuri Pembangunan Jalan Tenilo-Iluta

Seorang warga menunjukkan kepada Wagub Gorontalo H. Idris Rahim, jauhnya jarak yang harus ditempuhnya berjalan kaki sebelum adanya jalan Tenilo-Iluta

GORONTALO – Pembangunan ruas jalan Tenilo-Iluta yang menghubungkan Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo sepanjang 4,3 kilometer, mendapatkan respon positif dari warga masyarakat yang berdomisili di wilayah tersebut.

Ka Suma, seorang warga desa Pilolodaa Kota Gorontalo yang ditemui saat peninjauan lokasi pembangunan jalan Tenilo-Iluta oleh Wakil Gubernur Gorontalo, mengungkapkan rasa syukurnya atas pembangunan jalan tersebut. Ka Suma yang berprofesi sebagai petani menjelaskan, untuk mengangkut kopra yang merupakan hasil pertanian utama di daerah itu, dirinya terpaksa harus memikul karung kopra.

“Sebelum ada jalan ini, petani disini memikul kopra sampai ke jalan utama. Namun setelah adanya jalan yang diusahakan oleh pihak provinsi, kami sudah bisa menggunakan angkutan untuk mengangkut kopra,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan Ibrahim Abas, yang merupakan tenaga pelayan kesehatan. Dirinya menuturkan, untuk membantu warga yang sakit di wilayah tersebut, dirinya harus rela menempuh perjalanan selama 2 jam. Namun dengan terbukanya aksea jalan Tenilo-Iluta, dalam waktu singkat dia sudah bisa sampai di rumah warga yang membutuhkan bantuan.

“Dulu waktu jalan ini belum ada, saya berjalan kaki 2 jam. Tetapi sekarang hanya 3 menit menggunakan motor, saya bisa sampai di rumah warga yang membutuhkan pertolongan. Untuk itu kami warga di daerah ini sangat bersyukur dengan dibukanya akses jalan di wilayah ini,” terang Ibrahim.

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim menyalami seorang warga yang berdomisili di sekitar ruas jalan Tenilo-Iluta

Ibrahim juga menjelaskan, disekitar wilayah tersebut terdapat 100 siswa yang setiap bulannya harus mengeluarkan biaya transportasi sebesar Rp80 ribu. Biaya ini belum termasuk transportasi orang tua siswa, dimana untuk sekali pergi pulang dari puncak wilayah itu, harus menanggung biaya sebesar Rp20 ribu.

“Melalui pak Wagub, kami berharap di daerah ini dapat dibangun sekolah dan juga puskesmas pembantu,” harap Ibrahim saat berdialog dengan Wagub Idris Rahim.

Menanggapi hal itu, Wagub Idris Rahim mengatakan, Pemerintah Provinsi Gorontalo akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Gorontalo untuk membantu warga yang ada di daerah tersebut.

“Nanti jika jalan ini sudah selesai, pasti sarana prasarana lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat akan menyusul,” tandas Wagub Idris Rahim.

Pewarta : Asriani/Haris
Editor : Asriani/Haris
Foto : Haris/Gusti

144 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply