Wapres dan Gubernur se-Sulawesi Bahas Kemandirian Pangan

Makassar – Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Gubernur se-Sulawesi menggelar pertemuan yang dilaksanakan oleh Badan Kerjasama Pembangunan Regional Sulawesi (BKPRS), dalam rangka mewujudkan Sulawesi sebagai lumbung pangan nasional.

Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla mengatakan peningkatan produktivitas perkebunan kakao akan menjadi salah satu prioritas pembangunan regional Sulawesi.

“Ini karena, sekitar 60 atau 70 persen produksi kakao Indonesia berasal dari regional Sulawesi, khususnya dari empat provinsi,” kata Wapres Jusuf Kalla yang ditemui usai melakukan pertemuan bersama Badan Kerja Sama Pembangunan Regional Sulawesi di Makassar, Senin.

Untuk itu, kata dia, perlu dilakukan peremajaan tanaman kakao yang dapat dilakukan bekerja sama dengan pihak perbankan dengan skema Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Harus ada peremajaan, karena semuanya perkebunan rakyat, masyarakat perlu bantuan, karena itu kita putuskan, kita akan minta Pertanian (Kementerian atau Dinas Pertanian) untuk mempersiapkan teknologinya, nanti dibiayai dengan dengan KUR,” jelasnya.

Sementara itu Gubernur Gorontalo Prof Zudan Arif Fakrulloh usai mengikuti pertemuan tersebut menjelaskan bahwa, kegiatan ini menindaklanjuti hasil Musrembangreg tanggal 20-21 Februari 2017 di Mamuju yang menghasilkan “Deklarasi Mamuju” tentang program prioritas Regional Sulawesi tahun 2018.

“Kegiatan di Mamuju kemarin, kebetulan diwakili oleh Sekda Provinsi Prof Winarni, nah hari ini pembahasannya adalah tindak lanjut dari “Deklarasi Mamuju” khususnya menyangkut pangan,”kata Zudan Arif, usai mengikuti pertemuan di rumah jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Baruga Sanghyang Seri.

Dalam pertemuan tersebut salah satu poinnya adalah penguatan, kepekaan dan kebersamaan Sulawesi dalam kerangka kemandirian ekonomi untuk membangun ketahanan pangan nasional dengan mengakselerasi Sulawesi sebagai lumbung pangan nasional.

Serta terwujudnya Sulawesi sebagai pusat produksi pengolahan hasil pertanian, perikanan dan kelautan, perkebunan dan peternakan serta kelembagaan dan infrastruktur terkait.

Turur hadir dalam pertemuan itu, Kapolda Sulsel Muktiono, Kodam XIV Hasanuddin Meyjen TNI Agus Surya Bhakti, kepala dinas pertanian/perkebunan, kepala Bappeda, kepala dinas PU/bina marga dan kepala dinas perhubungan Se-Sulawesi.

102 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply