Wagub Tutup Kejuaraan Catur Piala Gubernur Gorontalo

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kiri) menyerahkan trofi kepada juara pertama kategori umum kejuaraan catur terbuka piala Gubernur Gorontalo di halaman rumah jabatan Gubernur, Minggu (15/7). (Foto : Haris – Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Setelah berlangsung selama sepekan, 7 hingga 15 Juli 2018, kejuaraan catur terbuka ke-5 yang memperebutkan piala Gubernur Gorontalo, resmi ditutup oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim di halaman rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Minggu (15/7).

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena cabang olahraga catur satu-satunya yang secara rutin melaksanakan kejuaraan dibanding cabang olahraga lainnya,” kata Idris dalam sambutannya.

Idris mengutarakan, pembinaan pecatur Gorontalo harus dilakukan secara berjenjang. Kedepan dirinya berharap, pembinaan tersebut tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, tetapi harus melibatkan berbagai pihak, utamanya swasta dan BUMN.

Baca Juga :  Praktek Lapangan Sukses, Pemprov Beri Apresiasi Praja IPDN

“Dana CSR BUMN itu sebagian harus disisihkan untuk pembinaan olahraga. Kalau kita ingin berhasil, pembinaan harus dilakukan secara terus menerus agar para pecatur Gorontalo bisa menorehkan prestasi di tingkat nasional,” ujar Wagub.

Sementara itu Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Provinsi Gorontalo, Fikram Salilama mengatakan bahwa kejuaraan catur terbuka piala Gubernur Gorontalo menjadi ajang seleksi bagi para pecatur yang akan mewakili Gorontalo pada even Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Kejuaraan Nasional (Kejurnas).

“Kami akan mengambil dan menjadikan satu poin dari kejuaraan ini untuk Pra PON dan Kejurnas,” ungkap Fikram.

Fikram berharap kejuaraan catur memperebutkan piala Gubernur Gorontalo yang tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-5 akan terus digelar oleh Pemprov Gorontalo sebagai wujud pembinaan pecatur Gorontalo.

Baca Juga :  TMMD Dukung Pemerataan Pembangunan di Provinsi Gorontalo

Kejuaraan catur terbuka piala Gubernur Gorontalo dibagi dalam dua kategori, yaitu kategori umum dan junior, dengan total peserta sebanyak 108 orang utusan dari kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo. Berhasil keluar sebagai juara pertama pada kategori umum, Ridwan Ano, dari Kota Gorontalo. Sementara pada kategori junior, juara pertama diraih oleh Aditya Ayub dari Kota Gorontalo. Selain menerima trofi dan penghargaan, para pemenang juga memperoleh bonus dengan total Rp18.325.000,00.

Pewarta : Haris

302 total views, 1 views today

author

Author: