Wagub : Tradisi Tumbilotohe Harus Terus Dilestarikan

Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim bersama Hj. Nurindah Rahim, menyalakan lampu Tumbilotohe di halaman rumah jabatan Wagub

 

GORONTALO – Tradisi Tumbilotohe atau malam pasang lampu yang dilaksanakan masyarakat Gorontalo pada malam ke-27 Ramadhan, harus terus dibudayakan dan dilestarikan. Hal ini ditegaskan Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, usai menyalakan lampu tumbilotohe di rumah jabatannya, Rabu (21/6).

“Tradisi Tumbilotohe harus kita kembangkan dan lestarikan menjadi salah satu destinasi wisata religi di Provinsi Gorontalo,” kata Wagub Idris Rahim.

Idris menuturkan, Pemerintah Provinsi Gorontalo menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu program unggulan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam pengembangan sektor pariwisata, tradisi dan warisan leluhur menjadi kekayaan budaya yang jika dikemas dengan baik, tentunya akan menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Provinsi Gorontalo.

Oleh karena itu Idris berharap, perayaan Tumbilotohe maupun tradisi-tradisi lainnya, harus dilaksanakan sebaik-baiknya.

“Jangan hanya sekedar menyalakan lampu, tetapi harus ada inovasi dan kreativitas, sehingga Tumbilotohe ini benar-benar menarik,” ujarnya.

Usai menyalakan Tumbilotohe, Wagub Idris Rahim bersama ibu Nurinda Rahim mengikuti prosesi adat Mohe’upa Fitarah, yakni prosesi doa yang mengawali penyaluran zakat Fitrah oleh keluarga besar Wagub Idris Rahim.

Selanjutnya Wagub bersama sejumlah pimpinan SKPD Provinsi Gorontalo meninjau pelaksanaan Tumbilotohe di lapangan Likada Kabupaten Bone Bolango.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

157 total views, 2 views today

author

Author: 

Leave a Reply