Wagub Sayangkan Festival Bedug Tahun Ini Kurang Semarak 

Salah satu grup Peserta festival Bedug 2017 sedang beraksi

GORONTALO – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, yang berkesempatan membuka secara langsung festival bedug 2017 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo menyayangkan kurang semaraknya festival bedug tahun ini. Hal ini dinilai karena kurangnya peminat yang mendaftar sebagai peserta lomba.

“Dari enam daerah tingkat dua, kabupaten pohuwato tidak mengirimkan utusannya dan untuk kategori remaja masjid, dari seribu masjid di Gorontalo, hanya tiga yang mengirimkan utusannya. Penontonnya juga sedikit, saya bayangkan malam ini kalau ada penampilan artis pasti meriah, ini yang sangat disayangkan” ungkap Wagub pada pembukaan Festival Bedug 2017 yang berlangsung di Taman Kota Gorontalo, Sabtu malam (17/6).

Idris menambahkan, padahal ajang seperti ini sangatlah penting. Ini akan lebih membuat eksistensi masyarakat Gorontalo yang dijuluki serambi madinah yang punya filosofi adat bersendikan syara dan syara bersendikan kitabullah, bisa sangat terasa.

“Disini harus kita tunjukan bahwa negeri kita adalah serambi madinah, apalagi kegiatan yang menyangkut agama dan budaya seperti ini,” ungkapnya.

Untuk itu wagub berpesan, kedepannya agar kegiatan ini lebih semarak, akan dianggarkan oleh Pemerintah agar bisa mengundang beberapa negara tetangga seperti Malaysia atau Brunai Darusallam yang memang juga dinegaranya menyelenggarakan Festival Bedug seperti di Provinsi Gorontalo ini.

“Nanti akan kita anggarkan, ini upaya kita agar Gorontalo nilai-nilai agamanya lebih meningkat,” kata Wagub.

Wagub menyebutkan festival ini memiliki dua tujuan yaitu untuk menyambut datangnya hari raya Idul Fitri dan untuk mengingatkan tentang pentingnya sholat lima waktu.

Diakhir sambutan Wagub mengucapkan terimakasih pada panitia yang telah berupaya penuh melaksanakan kegiatan ini.

Fetival bedug semalam itu diikuti oleh 14 tim yang mewakili kabupaten/kota, remaja masjid dan siswa SMA/SMK sederajat. Setiap tim hanya diberi waktu tujuh menit untuk menyuguhkan penampilannya. Meski kurang penonton, namun suguhan yang disajikan cukup menarik perhatian. Setiap peserta menyuguhkan tabuhan bedug diiringi lantunan takbir. Pemerintah Provinsi menyediakan hadiah jutaan rupiah bagi pemenang.

Pewarta/foto: Ecin

Editor.           : Asriani

163 total views, 2 views today

author

Author: 

Leave a Reply