Wagub Sambut Hangat Kedatangan Diplomat Senior 10 Negara Asing

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim foto bersama seluruh peserta sesparlu Internasional angkatan ke -19 dalam acara welcome dinner di rujab wagub

GORONTALO – Sebanyak 10 diplomat senior  dari 10 negara peserta Sesparlu (Sekolah Staf Pimpinan Kementerian Luar Negeri ) Internasional angkatan ke-19 , dijamu oleh Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim dalam acara welcome dinner di rumah jabatan wagub,  Minggu (15/10).

Wakil Gubernur Idris Rahim bersama Sekretaris Daerah Provinsi​ Gorontalo Winarni Monoarfa dan sejumlah pejabat lainnya menyambut hangat kehadiran para diplomat senior asing ini.

Idris Rahim dalam sambutannya mengatakan Provinsi Gorontalo di usia ke – 17 ingin sejajar dengan provinsi lain dan karenanya menempuh tiga cara untuk sampai kesitu.

“Untuk bisa sejajar, pertama harus berpikir besar, kedua, harus memulai dari hal yang kecil dan ketiga, kita harus bergerak cepat,” urai wagub lugas.

Dihadapan diplomat dari 10 negara ini, wagub menjelaskan visi misi Provinsi Gorontalo dan 8 program prioritas yang diusung pada periode kedua kepemimpinannya dan Gubernur Rusli Habibie.

Ia juga menambahkan bahwa tujuan sesparlu untuk melihat, mendengar, menyentuh, mungkin mencium dan merasakan apa yang menjadi keberagaman dan khas di Provinsi Gorontalo ini.

“Peserta sesparlu bisa mengetahui secara utuh bagaimana Provinsi Gorontalo yang nantinya bisa menjadi peluang bagi kami di Gorontalo untuk bisa melihat ke lingkungan internasional, khususnya di bidang pariwisata, perdagangan dan investasi,” urai Idris.

Pada acara ini pula, Kepala Bappeda Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki memberikan paparan tentang pembangunan Provinsi Gorontalo di berbagai sektor.

Dalam kesempatan diskusi dan tanya jawab bersama para diplomat tersebut, Idris Rahim menguraikan tentang masih perlunya peningkatan infrastruktur di Provinsi Gorontalo.

“Jika menyangkut jalan nasional sudah mantap, jalan provinsi sudah sekitar 95 persen, yang belum adalah jalan kabupaten/kota, sekitar 60 persen. Saat ini sedang membangun perhubungan laut, perhubungan udara sudah cukup baik dan juga listrik sudah surplus kurang lebih 60 MW,” jelas wagub meyakinkan.

Para peserta kegiatan sesparlu (Sekolah Staf Pimpinan Kementerian Luar Negeri ) Internasional angkatan ke-19 ini dipimpin langsung oleh direktur sesparlu,  Odo Manuhutu. Diplomat senior yang mengikuti kegiatan ini berasal dari negara Meksiko,  Australia, China, Kamboja, Lao PDR, Myanmar, Kepulauan Solomon, Papua New Guinea, Timor Leste, dan Belize.

Selama 5 hari berada di Gorontalo, peserta sesparlu akan mengunjungi berbagai objek wisata bahari, wisata budaya, kegiatan expo, aktivitas lingkungan dan perdagangan.

Welcome dinner yang penuh keakraban ini diisi dengan berbagai hiburan kebudayaan khas Gorontalo serta pemberian cenderamata dari wagub kepada para peserta berupa buku ” Gorontalo The Hidden Paradise” dan juga kupiah karanji.

Pewarta/editor : Asriani

Foto                    : Haris

127 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply