Wagub Resmikan Toko Tani Indonesia Center-Gorontalo

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim foto bersama dengan masyarakat penerima bantuan usai meresmikan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Gorontalo, Sabtu (10/3). Selain dapat mengembangkan usaha pangan warga, TTIC diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan harga yang murah. (Foto: Istimewa).

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim meresmikan pemanfaatan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Gorontalo yang beralamat di Jl. MH. Thamrin, Kelurahaan Ipilo Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo, Sabtu (10/3).

Pengresmian TTIC ini menjadi bagian dari upaya pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan bagi warga. Selain itu, TTIC diharapkan dapat menyediakan distribusi berbagai komoditi yang dibutuhkan warga dengan harga yang murah.

“Untuk menjaga apa, agar rakyat tidak lapar. Sebab kalau rakyat lapar maka pemerintah tidak sukses. Kalau rakyat lapar, maka pasti muaranya pada keamanan dan ketertiban. Ini merupakan tugas pokok dan fungsi pemerintah bagaiaman pangan itu tersedia dan terdistribusi dengan baik,” terang Idris Rahim.

Baca Juga :  RUSLI : Bakti Sosial ini Dikhususkan Bagi Masyarakat yang Berprofesi Khusus

Wagub berharap agar Toko Tani yang berkerjasama dengan Kementrian Pertanian ini dapat memperhatikan tiga aspek, yakni jumlah pangan yang tersedia, beragam jenisnya dan mutu yang terjaga. Ia juga berharap agar toko tersebut bisa berkesinambungan.

“Jangan hari ini di launching, besok ditutup. Sehingga itu harus dipikirkan matang matang. Harus dihitung dengan data, kebutuhan apa yang dicari masyarakat. Harga pangan apa yang lagi naik sehingga toko ini bisa menjual dengan harga yang murah,” imbuh mantan Sekda Provinsi itu.

TTIC Gorontalo merupakan bagian dari TTIC yang dibangun di berbagai daerah. Toko ini menampung berbagai kebutuhan komoditi seperti beras, umbi-umbian, minyak goreng, tomat dan cabe. Selain dipasok oleh kelompok petani, TTIC bekerjasama dengan para distributor dan Bulog.

Baca Juga :  Gubernur Gorontalo Akan Bangun "Kave"

Turut diserahkan pula bantuan berupa Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) dengan total bantuan 1,2 Miliyar Rupiah. Bantuan Kawasan Rumah Lestari dengan total bantuan 1,6 Miliyar kepada 33 kelompok wanita tani, serta bantuan pada daerah rawan pangan untuk 500 orang.

Pewarta: Ecyhin

Editor: Isam

218 total views, 1 views today

author

Author: