Wagub Puji Inovasi dan Kemajuan Gorut Diusia ke -11

0
304
Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim (kedua dari kiri) saat menghadiri rapat paripurna istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Gorontalo Utara dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Gorontalo utara ke – 11 di Gedung DPRD Kab. Gorut, Kamis (26/4).

Gorontalo – Memasuki usia ke -11, Kabupaten Gorontalo Utara telah banyak mewujudkan inovasi dan kemajuan bagi daerah dan masyarakat. Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim dalam sambutannya saat menghadiri rapat paripurna istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Gorontalo Utara di ruang sidang DPRD dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Gorontalo utara ke – 11 di Gedung DPRD Kab. Gorut, Kamis (26/4).

“Banyak inovasi dan kemajuan yang telah diwujudkan di daerah ini sehingga masyarakat dapat menikmati hasil-hasil pembangunan yang semakin meningkat,” jelas wagub.

Menurut Idris keberhasilan yang diraih Gorut seperti laporan kinerja yang semakin meningkat, baik itu LAKIP dan LPPD tak lepas dari peran masyarakat.

” Kesemuanya ini tidak terlepas dari peran dan dukungan seluruh masyarakat Kabupaten Gorontalo Utara baik dalam bentuk dukungan materi, pikiran maupun sikap dan perilaku serta moralitas yang sesuai dengan nilai-nilai budaya dan agama,” urai Idris.

Idris juga mengungkapkan keyakinannya akan program pemerintah Kab. Gorut yang bisa mensejahterakan dan mengentaskan kemiskinan di daerah ini.

“Saya yakin dan percaya dengan 3 program prioritas yang diluncurkan oleh Pemerintah Gorontalo Utara yaitu, realisasi 10 program gratis dan unggulan yang dijalankan pemerintah daerah di antaranya, gratis beras miskin (raskin), gratis layanan kesehatan, gratis biaya pendidikan, gratis rumah layak huni dan biaya pengurusan administrasi kependudukan, akan dapat mengentaskan permasalahan kemiskinan di kabupaten gorontalo utara,” papar Idris.

Artikel Terkait  Susi Minta Kelesatarian Teluk Tomini Tetap Terjaga

Dari data yang diperoleh, sektor pembangunan Kab. Gorut mencapai kemajuan seperti realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dari tahun ke tahun yang meningkat hingga pada Tahun 2016 mencapai sekitar 682 milyar rupiah.

Selain itu, investasi daerah terus digulirkan dengan target mampu mengikis angka pengangguran yang tinggal 3,2 persen atau sekitar 4.000 jiwa dari total penduduk mencapai 122.000 jiwa, serta pengurangan angka kemiskinan dari yang sebelumnya 18,93% di tahun 2015 menurun sebesar 0,42% menjadi 18,51% pada Tahun 2016.

Sementara itu Ketua DPRD Kab. Gorontalo Utara Nurjanah Yusuf Mopili mengakui secara umum pertumbuhan ekonomi dan investasi memperlihatkan kemajuan yang menggembirakan meskipun untuk potensi sektor pariwisata Gorut yang besar belum mampu dikelola secara optimal guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

” Investasi pihak swasta yang masuk ke Gorut berkisar Rp3 Triliun setiap tahunnya,” ungkap Nurjanah.

Ketua DPRD Gorut ini berharap momen ulang tahun Gorontalo Utara yang ke-11 menjadi sebuah momen emas bagi Gorut dan rakyat Gorontalo untuk berbenah menuju sebuah daerah yang maju dengan masyarakat yang dapat mengecap kemajuan pembangunan yang adil dan merata.

Pewarta/editor : Asriani
Foto : Gusti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini