Wagub Minta KONI Evaluasi Kesiapan Peserta Hadapi PON 19

Berita -rh.com – Wakil Gubernur Gorontalo DR. DRS. H. Idris Rahim, MM., membuka rapat anggota KONI Provinsi Gorontalo yang dirangkaikan

dengan pencanangan pemusatan latihan para atlit yang akan mengikuti PON ke-19 Jawa Barat, yang digelar di Grand Sumber Ria Kota Gorontalo, Selasa (19/7).

Dalam arahannya Idris mengatakan, hal utama yang perlu dibahas dalam rapat anggota KONI Provinsi Gorontalo yaitu mengevaluasi sudah sejauh mana persiapan dan pembinaan yang dilakukan setiap cabang olahraga dalam menghadapi PON 19.

Dari evaluasi tersebut, diharapkan akan menghasilkan program-program pembinaan yang terukur, serta mampu menginvetarisir permasalahan yang perlu segera dituntaskan.

“Segera rumuskan Quick Program yakni program percepatan pembinaan atlit, mengingat PON 19 tinggal dua bulan lagi,” ujar Idris.

Idris mengakui, pembinaan olahraga prestasi di Provinsi Gorontalo masih terbentur pada beberapa permasalahan yang mendasar, diantaranya

minimnya sarana dan prasarana, pembinaan yang kurang, serta permasalahan dana dan pembiayaan.

Selama ini tutur Wagub, pembinaan olahraga masih mengandalkan anggaran yang bersumber dari pemerintah. Karena itu, untuk mendukung

keikutsertaan atlit Gorontalo pada PON 19, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah mengalokasikan anggaran pada APBD induk dan APBD Perubahan tahun anggaran 2016 melalui bantuan hibah ke KONI Provinsi Gorontalo.

“Pada pembahasan anggaran perubahan KONI mendapatkan hibah 1 miliar rupiah, namun saya ngotot untuk menambah anggaran KONI.

Dan alhamdulillah setelah disesuaikan dengan kemampuan fiskal kita, KONI mendapat tambahan lagi sebesar 1 miliar,” jelas Idris.

Terkait permasalahan anggaran tersebut, Wagub Idris Rahim yang juga selaku Ketua PELTI Provinsi Gorontalo menghimbau kepada pihak swasta dan BUMN di Provinsi Gorontalo untuk ikutserta berpartisipasi memajukan olahraga dan membina para atlit Gorontalo.

Sementara itu untuk memacu semangat para atlit dari 13 cabang olahraga yang ikut serta pada PON 19 Jawa Barat, Wagub Idris Rahim memastikan bagi setiap atlit yang berhasil mempersembahkan medali akan memperoleh bonus dari Pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Menyangkut bonus pasti kita akan berikan kepada atlit yang berhasil meraih medali, tetapi besarannya nanti akan ditentukan selanjutnya sesuai jenis medali yang diperoleh,” pungkas Idris.

140 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply