Wagub Menerima Kembali Jamaah Haji Provinsi Gorontalo

Gorontalo – Penerimaan kembali jamaah haji Provinsi Gorontalo yang tergabung dalam Kloter 22 di embarkasi haji antara, Rabu (12/10), terasa istimewa. Selain disambut langsung oleh Wakil Gubernur Gorontalo Dr. Drs. H. Idris Rahim, MM., juga turut menyambut Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Abdul Djamil, M.A, bersama Direktur Pembinaan Haji dan Umrah yang juga mantan Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, Muhajirin Janis, serta Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Sri Ilham Lubis.

“Satu kebanggaan dan kehormatan bagi jamaah haji Provinsi Gorontalo Kloter 22 UPG, kedatangannya kembali disambut langsung oleh pak Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah bersama para direkturnya. Mudah-mudahan ini menandakan mabrurnya haji para jamaah sekalian,” kata Wagub Idris Rahim saat menyampaikan sambutannya pada kegiatan tersebut.

Atas nama pemerintah dan PPIH Provinsi Gorontalo, Wagub mengucapkan selamat kepada seluruh jamaah yang telah melaksanakan seluruh rukun dan syarat haji, dan kembali ke daerah dalam keadaan sehat walafiat. Idris juga mengingatkan, sekembalinya ke tanah air, para jamaah haji harus senantiasa meningkatkan iman dan ketakwaannya kepada Allah SWT sebagai manifestasi dari ibadah haji yang telah dilaksanakan di tanah suci Mekkah. “Mabrurnya haji itu lebih banyak ditentukan setelah kita kembali ke tanah air, Shalat tepat waktu, memperbanyak zakat, serta meningkatnya ibadah dan amalan lainnya. Jika itu bisa kita lakukan, insya Allah para jamaah bisa meraih predikat haji yang mabrur dan haji yang diridhai Allah SWT,” ujarnya.

Sebelumnya, Dirjen PHU Prof. Abdul Djamil dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangganya kepada jamaah haji Provinsi Gorontalo yang telah menunjukkan sikap disiplin sejak dari proses pemberangkatan dan pemulangan ke tanah air, terlebih saat menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekkah. Menurutnya, sikap disiplin ini sangat dituntut pada pelaksanaan ibadah haji, karena Pemerintah Arab Saudi terus meningkatkan peraturan terkait keamanan dan kenyamanan jamaah haji. “Jamaah haji Gorontalo sangat berbeda dengan jamaah haji lainnya, tingkat kedisiplinannya jamaah haji Gorontalo sangat tinggi. Untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada jamaah haji Gorontalo yang telah mematuhi aturan-aturan tersebut,” ujar Abdul Djamil.

Dirjen PHU juga menyampaikan apresiasinya dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo yang telah memberikan dukungan dan bantuan atas suksesnya penyelenggaraan ibadah haji di Provinsi Gorontalo. “Banyak bantuan yang telah diberikan Pemprov Gorontalo untuk mempermudah dan memberikan kenyamanan kepada jamaah haji, insya Allah kerjasama ini akan terus kita tingkatkan di waktu mendatang,” pungkasnya.

Secara umum kondisi jamaah haji Kloter 22 UPG dalam keadaan sehat walafiat. Dari jumlah yang diberangkatkan sebanyak 261 jamaah termasuk didalamnya petugas kloter, yang kembali ke tanah air sebanyak 258 jamaah. 2 jamaah wafat di Arab Saudi masing-masing berasal dari Kabupaten Gorontalo dan Boalemo, sementara 1 jamaah lainnya dipulangkan lebih cepat dari jadwal kepulangan karena alasan sakit.

274 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply