Wagub Launching Pelayaran Perdana Kapal Motor Meratus Gorontalo

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim memecahkan kendi yang menandai pelayaran perdana KM. Meratus Gorontalo

GORONTALO – Wakil Gubernur Gorontalo, H. Idris Rahim, melaunching pelayaran perdana Kapal Motor (KM) Meratus Gorontalo di pelabuhan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara, Kamis (7/9).

Idris mengatakan, kehadiran KM. Meratus Gorontalo merupakan suatu anugerah bagi pemerintah dan masyarakat Provinsi Gorontalo. Dengan semakin banyaknya pelayaran dan pengapalan cargo dari Gorontalo, akan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi Provinsi Gorontalo.

“Masyarakat akan semakin mudah memasarkan hasil pertanian, perkebunan, perikanan, dan produk-produk lainnya ke luar Gorontalo, sehingga pendapatan dan kesejahteraan pun meningkat,” kata Wagub.

Sejalan dengan pelayaran KM. Meratus Gorontalo, Idris mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Gorontalo terus berupaya untuk meningkatkan infrasturktur dasar kebutuhan masyarakat, termasuk infrastruktur transportasi. Menurutnya, perbaikan dan peningkatan sektor infrastruktur transportasi, akan menjamin kelancaran arus barang, jasa, dan orang, baik dari Provinsi Gorontalo maupun yang menuju dan masuk ke Provinsi Gorontalo. Dirinya juga menjelaskan, pelayaran KM. Meratus Gorontalo merupakan bentuk sinergitas antara pemerintah dan swasta dalam mewujudkan visi Gorontalo yang maju, handal, dan sejahtera.

“Pemprov Gorontalo terus memacu pembangunan infrastruktur untuk menunjang kegiatan dan pertumbuhan ekonomo Gorontalo. Tentunya kami sangat membutuhkan peran dari berbagai pihak, termasuk sektor swasta, sehingga percepatan pembangunan di daerah ini bisa terealisasi,” terang Idris.

Sementara itu Direktur PT. Meratus, Budi MR, menjelaskan, KM. Meratus Gorontalo akan melayani rute pengapalan cargo dari Gorontalo ke pulau jawa, maupun sebaliknya dari Jawa menuju Gorontalo. PT. Meratus akan mengoperasikan 3 kapal dengan kapasitas muatan sebesar 11 ribu ton dan jadwal pelayaran setiap minggu.

Lebih lanjut Budi mengatakan, KM. Meratus Gorontalo juga akan melayani rute Gorontalo-Jakarta untuk pengiriman jagung. KM. Meratus Gorontalo juga memiliki kapasitas muatan sebanyak 800 kontainer, lebih besar dari kapasitas kapal-kapal Meratus lainnya yang hanya mampu mengangkut 600 kontainer.

“Dibukanya rute langsung ke Jakarta, tentunya akan meningkatkan nilai tambah yang bisa diperoleh masyarakat Gorontalo, karena harganya yang lebih kompetitif. Tidak hanya muatan kering yang kami layani, tetapi muatan berpendingin seperti ikan beku juga dilayani oleh KM. Meratus Gorontalo,” pungkas Budi.

Hadiri pada kesempatan itu Direktur PT. Titian Labuan Anugerah, Kepala UPP Anggrek, serta jajaran Forkopimda dan pimpinan SKPD Provinsi Gorontalo.

Pewarta : Burhan
Editor : Haris
Foto : Gusti

239 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply