Wagub Idris Rahim Irup Upacara Hari Pahlawan di Gorontalo

 Wagub Gorontalo H. Idris Rahim bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan ke-73 Tingkat Provinsi Gorontalo di halaman rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Sabtu (10/11). (Foto : Haris – Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan ke-73 tingkat Provinsi Gorontalo di halaman rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Sabtu (10/11/2018).

Hari Pahlawan yang diperingati bangsa Indonesia setiap tahun pada tanggal 10 November, adalah untuk mengenang peristiwa pertempuran di Kota Surabaya yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Peringatan Hari Pahlawan bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air, dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara.

Baca Juga :  Warga Syukuri Pembangunan Jalan Tenilo-Iluta

“Peringatan Hari Pahlawan sangat sarat makna. Substansi peringatan Hari Pahlawan yaitu menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Wagub Idris Rahim saat membacakan amanat Menteri Sosial RI.

Peringatan Hari Pahlawan tahun 2018 mengangkat tema ‘Semangat Pahlawan di Dadaku’. Idris mengutarakan, tema ini mengandung makna bahwa di dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan. Dengan nilai-nilai kepahlawanan tersebut, setiap warga negara dapat berinisiatif mengabdikan dirinya untuk hal yang bermanfaat, baik untuk kemaslahatan diri, lingkungan, serta bangsa dan negara.

Masih kata Idris, momentum peringatan Hari Pahlawan harus mampu melahirkan ide dan gagasan untuk mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan. Mentransformasikan keberanian melawan penjajah menjadi inspirasi mengusir musuh bersama bangsa saat ini, di antaranya kemiskinan.

 Foto bersama Wagub Idris Rahim (ketiga kiri) dengan Forkopimda Provinsi Gorontalo usai upacara peringatan Hari Pahlawan ke-73 Tingkat Provinsi Gorontalo. (Foto : Haris – Humas)

“Perjuangan itu tidak akan pernah berhenti. Setiap zaman pasti ada pahlawannya, dan setiap pahlawan ada zamannya. Bangsa kita saat ini memerlukan pahlawan baru, sosok yang berdedikasi dan berprestasi untuk memajukan negeri dan daerah ini,” ucap Wagub.

Baca Juga :  Gubernur Gorontalo Lantik 4 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

Usai upacara bendera, peringatan Hari Pahlawan tingkat Provinsi Gorontalo dilanjutkan dengan ziarah ke makam Pahlawan Nasional Nani Wartabone di Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Gorontalo, H. Sudiatno. Rangkaian peringatan Hari Pahlawan diakhiri dengan tabur bunga di Pelabuhan Gorontalo. Bertindak sebagai inspektur upacara tabur bunga Komandan Korem 133/Nani Wartabone, Kolonel CZI Arnold AP. Ritiauw.

Pewarta : Haris

110 total views, 2 views today

author

Author: