Wagub Idris Rahim, Irup HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72

Wagub Idris Rahim menyerahkan bendera kepada petugas Pembawa Bendera

GORONTALO – Wakil Gubernur Gorontalo, H. Idris Rahim, bertindak sebagai inspektur upacara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72 tingkat Provinsi Gorontalo, yang digelar di halaman rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Kamis (17/8).

Hal ini menjadi sesuatu yang baru dalam tradisi pelaksanaan upacara 17 Agustus, dimana biasanya yang bertindak sebagai inspektur pada upacara penaikan bendera adalah Gubernur, sedangkan Wakil Gubernur nanti pada penurunan bendera.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Rusli Habibie menjelaskan, dirinya bersama Wagub Idris Rahim dipilih oleh masyarakat Provinsi Gorontalo dalam satu paket. Sehingga menurutnya, tidak ada salahnya jika dirinya memberi kesempatan kepada Wagub Idris Rahim untuk menjadi irup pada upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan RI tingkat Provinsi Gorontalo.

“Saya dan pak Wagub itu satu paket, karena itu tidak ada salahnya jika kami saling memberi kesempatan. Apalagi pada periode pertama pemerintahan kami pada, saya sudah 5 kali menjadi irup, yakni dari tahun 2012-2016. Tidak menutup kemungkinan hingga akhir jabatan kita pada periode kedua ini, pak Wagub yang akan terus menjadi irup, karena tidak ada ketentuan harus Gubernur yang bertindak sebagai irup,” ungkap Rusli saat diwawancarai usai menghadiri upacara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72 tingkat Provinsi Gorontalo.

Sementara itu Wagub Idris Rahim mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Gubernur Gorontalo yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk menjadi inspektur upacara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari pak Gubernur. Terima kasih juga kepada seluruh petugas upacara yang telah melaksanakan upacara dengan baik, lancar, dan suskes,” ujar Wagub.

Bertindak sebagai komandan upacara pada kesempatan itu, Letkol Inf. Gunnarto, yang jabatan sehari-harinya sebagai Komandan Batalyon 715/Motuliato Brigade Infanteri 22/Ota Manasa. Perwira upacara, Kasdim 1304 Gorontalo Mayor Inf. Taufik Nurbuhang. Komandan pasukan pengibar Bendera Merah Putih, Letnan Dua Inf. Moh. Azis Ekaputra, dan komandan kelompok delapan dipimpin oleh Yunus Buhari, siswa SMA Negeri 3 Gorontalo.

Petugas pembawa bendera, Devi Santi Lajulu, siswa SMA Negeri 3 Gorontalo, pengerek bendera Radinski Muhamad Pramudya, siswa SMA Negeri 2 Limboto, dan pembentang bendera, Lil Rafli Umar, siswa SMA Negeri 3 Gorontalo Utara.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Salman

252 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply