Wagub Himbau Masyarakat Tumbuhkan Sikap Maaf Memaafkan

Wagub H. Idris Rahim menyerahkan sedekah kepada kaum dhuafa pada halal bi halal Biro Pemerintahan Setda Provinsi Gorontalo

GORONTALO – Memasuki H+5 Idul Fitri 1438 Hijriah, Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim bersama isteri, Hj. Nurinda Rahim, menghadiri halal bi halal yang digelar oleh Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Gorontalo di kediaman Kepala Biro Pemerintahan, Slamet Bakri, di jalan Raja Eyato, Kelurahan Molosifat W Kota Barat, Kota Gorontalo, Kamis (29/6).

Dalam sambutannya pada kesempatan itu, Wagub Idris Rahim terlebih dahulu mengulas makna lalal bi halal, yang menurutnya adalah satu tradisi masyarakat Islam Indonesia yang tidak ada di Arab maupun negara-negara Islam lainnya.

“Halal bi halal itu hanya ada di Indonesia dan Malaysia. Biasanya dilaksanakan sebelum Ramadhan, ataupun pada momen Idul Fitri seperti saat ini,” ungkap Idris.

Wagub H. Idris Rahim menyalami warga yang menghadiri halal bi halal di kediaman Karo Pemerintahan Setda Provinsi Gorontalo

Menurutnya, halal bi halal memiliki makna saling maaf memaafkan atas kesalahan ataupun perilaku yang secara sengaja maupun tidak sengaja telah menyakiti seseorang. Dalam konteks ini, Idris berpesan, halal bi halal atau maaf memaafkan, seyogyanya tidak hanya dilaksanakan pada waktu-waktu tertentu saja, tetapi harus tercermin dalam kehidupan sehari-hari.

“Sikap saling maaf memaafkan adalah cerminan muslim sejati. Memaafkan adalah amalan yang sangat mulia sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah yang selalu memaafkan orang-orang yang berbuat zalim kepada dirinya,” ucap Wagub.

Oleh karena itu Idris mengajak masyarakat untuk tidak hanya menggelar open house, yang berarti rumah terbuka menerima setiap orang yang datang bersilaturrahim, tetapi juga membudayakan open heart, yang bermakna membuka hati dan memaafkan kesalahan orang lain.

Wakil Ketua TP. PKK Provinsi Gorontalo Hj. Nurinda Rahim menyalami warga yang menghadiri halal bi halal Biro Pemerintahan Setda Provinsi Gorontalo

“Jika silaturrahim kita pelihara dan hati kita juga terbuka untuk memaafkan kesalahan orang lain, mudah-mudahan kerukunan dan kedamaian akan terus mewarnai kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” pungkas Idris Rahim.

Pada kegiatan yang turut dihadiri oleh ratusan warga masyarakat tersebut, Wagub Idris Rahim menyerahkan sedekah dan infaq kepada kaum dhuafa dari Kelurahan Molosifat W dan Kelurahan Buladu, Kota Gorontalo.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

222 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply