Wagub Harapkan Kemenag Netral dan Cegah Politisasi Agama

Sekjen Kemenag RI H. Nur Syam (kedua kiri) didampingi Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (ketiga kiri) dan Kakanwil Kemenag Provinsi Gorontalo H. Rusman Langke (tengah), melaunching transaksi non tunai di lingkungan Kementerian Agama Gorontalo di Asrama Haji Gorontalo, Selasa (27/2)

GORONTALO – Memasuki tahun politik yakni pilkada serentak tahun 2018 serta pemilu 2019, Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim berharap seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) dapat menjaga netralitas dan mencegah terjadinya politisasi agama dan beredarnya berita-berita hoax yang menyinggung sentimen agama.

“Aparatur Kemenag harus terus memberikan pelayanan terbaik di bidang keagamaan kepada seluruh umat beragama. Dalam kebijakan dan pelayanannya itu, Kemenag harus bersikap netral,” kata Wagub Idris Rahim saat memberikan sambutan pada pembukaan rapat kerja wilayah (rakerwil) Kementerian Agama Provinsi Gorontalo di aula Asrama Haji Gorontalo, Selasa (27/2).

Baca Juga :  PKK Harus Bisa Menjadi Pioner Bagi Masyarakat

Dikatakannya, urusan keagamaan merupakan kewenangan pemerintah pusat, namun dalam pelaksanaan program keagamaan di daerah, Kemenag harus membangun koordinasi dan sinergitas dengan pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota. Oleh karena itu Idris berharap, momentum pelaksanaan rakerwil dapat dijadikan sarana evaluasi pelaksanaan program tahun 2017 serta merumuskan langkah-langkah percepatan pelaksanaan program kerja di tahun 2018.

“Meski selama ini koordinasi dan sinergitas Kemenag dengan Pemprov Gorontalo dan stakeholder sudah berjalan baik, namun kita harus mengevaluasi sejauhmana pelayanan dan program Kemenag sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Itulah salah satu hal yang perlu dibahas dalam rakerwil ini,” ujar Wagub.

Sebelumnya Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Gorontalo Rusman Langke mengutarakan, rakerwil yang akan berlangsung selama tiga hari dari 27 Februari hingga 1 Maret 2018, mengangkat tema nasional yaitu “melayani dengan ikhlas, wujudkan integritas”.

Baca Juga :  Pemprov Gorontalo Gagas Kerja Sama Dengan UII Yogyakarta

“Tema ini kita angkat sebagai ikhtiar dalam mewujudkan aparatur Kemenag Provinsi Gorontalo yang selalu bekerja dengan ikhlas melayani masyarakat dengan penuh integritas,” jelas Rusman.

Rakerwil Kemenag Provinsi Gorontalo dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Prof. Dr. H. Nur Syam. Pada kesempatan itu Sekjen Kemenag menyaksikan penandatangan kerja sama antara Kemenag Provinsi Gorontalo dengan Bank Rakyat Indonesia, serta melauching transaksi non tunai di Kemenag Provinsi Gorontalo.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

233 total views, 4 views today

author

Author: