Wagub Hadiri Sarasehan Nasional DPD RI

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kanan) menghadiri sarasehan nasional DPD RI di gedung Nusantara IV Senayan, Jakarta, Jumat (17/11)

JAKARTA – Wakil Gubernur Gorontalo menghadiri sarasehan nasional Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di gedung Nusantara IV DPD RI Senayan, Jakarta, Jumat (17/11). Sarasehan yang mengangkat tema mewujudkan kewajiban konstitusi DPD dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintahannya untuk mengatasi ketimpangan, salah satunya melalui pembangunan infrastruktur. Jokowi mengatakan, pembangunan infrastruktur saat ini tidak lagi Jawa sentris tetapi Indonesia sentris.

“Membangun dari pinggiran, membangun pulau-pulau terluar, karena daerah-daerah sangat membutuhkan itu. Kita bangun agar ketimpangan infrastruktur antara Indonesia bagian barat, tengah, dan timur, menjadi seimbang,” tegas Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono mengatakan, sarasehan nasional ini dalam rangka untuk menyerahkan hasil Lembaga Pengkajian MPR RI yang bekerja sama dengan DPD RI kepada Presiden Jokowi.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo untuk nantinya akan menerima buku hasil pengkajian tersebut,” kata Nono.

Nono juga mengatakan, DPD meminta dukungan dari pemerintah untuk merealisasikan serta mewujudkan konstitusional DPD RI. Dirinya menuturkan, DPD RI telah memiliki komitmen untuk semakin memperkuat peran serta fungsinya dalam ketatanegaraan dan penyelenggaraan negara.

“Kami meminta dukungan pemerintah, dari DPR dan MPR untuk kita sama-sama merealisasikan mewujudkan konstitusional DPD RI dalam menyempurnakan sistem ketatanegaraan dalam UUD 1945,” tuturnya.

Turut hadir mendampingi Jokowi, Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM Wiranto, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, serta Kepala Kantor Staf Kepresiden Teten Masduki. Hadir pula Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Tamrin

101 total views, 2 views today

author

Author: 

Leave a Reply