Wagub Hadiri Pertemuan Tahunan Bank Indonesia

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kanan) bersama Kepala BI Perwakilan Gorontalo Suryono, saat menghadiri pertemuan tahunan BI 2017 di Jakarta Convention Center, Selasa (28/11)

JAKARTA – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim menghadiri pertemuan tahunan Bank Indonesia (BI) tahun 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (28/11). Pertemuan yang mengangkat tema “Memperkuat Momentum” dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo. Selain itu hadir pula sejumlah menteri Kabinet Kerja, pimpinan lembaga negara, pimpinan perbankan, serta sejumlah kepala daerah.

Gubernur BI Agus Martowardojo dalam sambutannya memaparkan kondisi perekonomian nasional, khususnya terkait bidang moneter yang menjadi tugas dan fungsi bank sentral. Agus juga mengungkapkan berbagai indikator makro ekonomi, data-data kinerja perbankan nasional, dan juga kondisi ekonomi secara global.

“Arah kebijakan moneter bank sentral tahun depan tetap mengarah pada upaya menjaga inflasi agar sesuai dengan sasarannya dengan menargetkan inflasi pada kisaran 3,5 plus minus 1 persen,” kata Agus.

Sementara itu Presiden Joko Widodo dalam arahannya mengakatan, situasi saat ini adalah situasi yang new normal. Jokowi menuturkan, situasi saat ini berbeda dengan situasi pada 2011-2012 ketika booming komoditas. Saat itu, konsumsi rumah tangga di Indonesia mencapai 7 persen, berbanding saat ini berada pada 4,93 persen.

“Banyak kalangan sering membandingkan kondisi saat ini dengan masa-masa yang sudah lalu. Padahal situasinya sama sekali berbeda, baik di nasional maupun secara global,” tutur Presiden.

Terkait hal itu Presiden meminta para pelaku ekonomi dan pengambil kebijakan, harus memahami perbedaan tersebut. Tujuannya agar dalam mengambil kebijakan tidak salah, karena angka-angka yang menjadi indikatornya memang berbeda.

“Pemerintah dan pengambil kebijakan harus memahami situasi ini dalam melakukan pengambilan kebijakan,” tegas Jokowi.

Pewarta : Tamrin/Haris
Editor : Haris
Foto : Tamrin

111 total views, 2 views today

author

Author: 

Leave a Reply