Wagub Hadiri Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kiri), menghadiri gelar TTG Nasional XIX di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

PARIMO – Wakil Gubernur Gorontalo, H. Idris Rahim, menghadiri gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XIX tahun 2017, yang diselenggarakan di desa Kayu Bura, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (27/9)

“Gelar TTG ini merupakan ajang transfer teknologi dari masing-masing daerah, yang selanjutnya diharapkan bisa menjadi ajang pengenalan teknologi tepat guna sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat,” kata Wagub Idris Rahim ketika diwawancarai usai kegiatan itu.

Idris menambahkan, Pemerintah Provinsi Gorontalo akan terus mendorong seluruh elemen masyarakat untuk berinovasi dan melakukan penemuan ataupun penciptaan teknologi tepat guna. Menurutnya, inovasi teknologi tepat guna sangat dibutuhkan dalam meningkatkan hasil produk pertanian, perkebunan dan perikanan.

“Semua inovasi teknologi tepat guna yang diprakarsai oleh masyarakat, outputnya adalah peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Karena itu kita akan mendorong inovasi TTG,” terang Wagub.

Sebelumnya, dalam sambutannya saat membuka gelar TTG Nasional XIX, Menteri Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengatakan, TTG merupakan salah satu pendekatan yang ampuh dalam mendorong percepatan kemandirian masyarakat desa. Dirinya berharap, sentuhan TTG akan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi di pedesaan.

“TTG tidaklah selalu alat atau mesin, tetapi juga dapat berupa teknologi proses yang dapat menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan lingkungan,” ujar Eko Putro Sandjojo.

Gelar TTG tahun ini mengangkat tema, peningkatan kreatifitas dan inovasi desa dalam rangka mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat menuju desa membangun Indonesia. Gelar TTG nasional dihadiri oleh para Gubernur, Bupati dan Wali Kota, para rektor, serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan PDT se Indonesia.

Pewarta : Gusti
Editor : Haris
Foto : Gusti

139 total views, 2 views today

author

Author: 

Leave a Reply