Wagub Gorontalo Ziarahi Makam Pendiri Alkhairaat

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kanan) berziarah dan berdoa di makam Habib Idrus bin Salim Aljufri atau Guru Tua, pendiri Alkhairaat di kompleks Masjid Alkhairaat Kota Palu, Jumat (29/6). (Foto : Haris – Humas)

KOTA PALU, Humas – Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sulawesi Tengah, Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim melakukan ziarah ke makam pendiri Alkhairaat, Habib Idrus bin Salim Aljufri atau yang lebih dikenal dengan Guru Tua, di kawasan Masjid Alkhairaat Kota Palu, Jumat (29/6).

Usai melakukan ziarah, Wagub Idris Rahim yang turut didampingi sejumlah pengurus Komisariat Wilayah (Komwil) Alkhairaat Provinsi Gorontalo dan pelaksana tugas Kasubag Penghubung Makassar, Agung Sugiarto, meninjau kesiapan pelaksanaan Haul ke-50 Guru Tua yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 30 Juni 2018 bertepatan dengan 16 Syawal 1439 Hijriah.

Baca Juga :  Sekdaprov : Wakaf Untuk Menolong Sesama dan Menggerakkan Perekonomian

“Guru Tua adalah tokoh pejuang pembawa ajaran Islam melalui dakwah dan pendidikan di kawasan timur Indonesia. Beliau sangat konsen dalam pendidikan dengan mendirikan Alkhairaat yang murid dan pengikutnya tersebar ke seluruh Indonesia bahkan hingga ke luar negeri. Sehingga itu jelang pelaksanaan Haul ke-50 Guru Tua banyak murid-muridnya dan masyarakat yang berziarah ke makamnya,” ujar Idris selaku Ketua Komwil Akhairaat Provinsi Gorontalo.

Wagub Idris Rahim (kanan) berbincang dengan Sekretaris Komwil Alkhairaat Provinsi Gorontalo Hamka Husain (kiri) dan panitia pelaksana Haul ke-50 Guru Tua. (Foto : Haris – Humas)

Terkait pelaksanaan Haul ke-50 Guru Tua, Humas Komwil Alkhairaat Provinsi Gorontalo Muchlis Huntua menuturkan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan, di antaranya pagelaran kesenian Islami, pembacaan doa haul dan manaqib Guru Tua.

Baca Juga :  2018 Tahun Penindakan, Gubernur Gorontalo Ingatkan Disiplin Pegawai

“Haul tahun ini istimewa karena haul ke-50 dan menjadi Haul Emas. Selain diisi dengan berbagai kegiatan, juga akan dihadiri oleh pejabat nasional dan pejabat dari berbagai daerah, serta ribuan abnaulkhairaat termasuk dari Provinsi Gorontalo,” jelas Muchlis.

Pewarta : Haris

630 total views, 1 views today

author

Author: