Wagub Gorontalo Serahkan DIPA dan TKDD 2019

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (tengah) didampingi Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, Fahma Sari Fatma (kanan), menyerahkan DIPA kepada Kakanwil Kemenag Provinsi Gorontalo, Kudrat Dukalang, di gedung Belle Li Mbui Kota Gorontalo, Jumat (14/12/2018). (Foto : Haris – Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan alokasi dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun anggaran 2019 di gedung Belle Li Mbui, Kota Gorontalo, Jumat (14/12/2018).

DIPA dan TKDD diserahkan kepada Walikota dan Bupati, serta pimpinan instansi vertikal di Provinsi Gorontalo, Satuan Kerja APBN, serta Organisasi Perangkat Daerah yang memperoleh Dana Alokasi Khusus.

Baca Juga :  Insan Perhubungan Gorontalo Peringati Hari Perhubungan Nasional 2017

“Kita semua berkomitmen setelah diterimanya DIPA ini, Satker dapat memulai pelaksanaan anggaran dengan segera, agar berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Provinsi Gorontalo,” kata Wagub Idris Rahim dalam sambutannya.

Mengulangi arahan Presiden Joko Widodo pada penyerahan DIPA dan TKDD 2019 belum lama ini, Wagub mengingatkan kepada Walikota dan Bupati, serta pimpinan Satker untuk selalu berkoordinasi memperkuat sinkronisasi, bersinergi dan terpadu antara kegiatan yang didanai oleh APBN, APBD, hingga Dana Desa, sehingga pelaksanaan pembangunan lebih efisien dan efektif. Selain itu, perencanaan dan penggunaan anggaran harus fokus pada kegiatan yang bermanfaat nyata bagi masyarakat, melalui pelaksanaan program pembanguan yang dilaksanakan sejal awal Januari 2019.

Baca Juga :  Wagub : Hasil Riset Harus Diaplikasikan Untuk Kemajuan Pembangunan

Lebih lanjut Idris mengutarakan, arahan Presiden yang menginstruksikan pembatasan atau penghematan belanja pendukung seperti biaya rapat, perjalanan dinas, dan honorarium. Anggaran setiap program juga diharapkan dapat dipublikasikan kepada masyarakat, sehingga masyarakat mendapat informasi yang benar tentang program kerja pemerintah.

“Mari kita gunakan anggaran secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel. Jangan ulangi kesalahan, jangan ada lagi penyimpangan dan mark up,” tegas Wagub Idris Rahim.

Total dana  APBN tahun 2019 yang dialokasikan ke Provinsi Gorontalo sebesar Rp 3,79 triliun. Terdiri dari DIPA Kewenangan Kantor Pusat sebanyak 15 DIPA dengan nilai Rp922,78 miliar, DIPA Kewenangan Kantor Daerah berjumlah 200 DIPA senilai Rp 2,62 triliun, DIPA Kewenangan Dekonsentrasi sebanyak 46 DIPA dengan nilai Rp99,09 miliar, serta DIPA Kewenangan Tugas Pembantuan berjumlah 19 DIPA senilai Rp147,26 miliar.

Baca Juga :  Gubernur Gorontalo Buka Festival Karawo 2017

Sementara alokasi dana TKDD tahun 2019 untuk seluruh wilayah Provinsi Gorontalo sebesar Rp6,75 triliun. Antara lain terdiri dari Dana Alokasi Umum sebesar Rp4,71 triliun, Dana Alokasi Khusus Fisik Rp841,84 miliar, Dana Alokasi Khusus Nonfisik Rp833,67 miliar, dan Dana Desa Rp636,61 miliar.

 

Pewarta : Haris

150 total views, 1 views today

author

Author: