Wagub Gorontalo Minta Kualitas RLH Tidak Diabaikan

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (depan, tengah), memberikan arahan pada penutupan Rakor Validasi Data Bidang Perumahan dan Permukiman di Hotel Lion, Manado, Jumat (7/12/2018). (Foto : Haris – Humas)

MANADO, Humas – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo di bawah kepemimpinan Gubernur H. Rusli Habibie dan Wakil Gubernur H. Idris Rahim terus berkomitmen melaksanakan program kegiatan yang pro rakyat. Salah satunya melalui bidang perumahan dengan program pembangunan Rumah Layak Huni (RLH). Tercatat pada periode tahun 2012-2017, sebanyak 4.617 RLH telah dibangun oleh Pemprov Gorontalo. Jumlah itu ditambah lagi dengan realisasi pembangunan RLH pada tahun 2018 sebanyak 610 unit.

Terkait pembangunan RLH, Wagub Idris Rahim menginstruksikan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Provinsi Gorontalo untuk memperhatikan kualitas rumah yang dibangun. Hal itu disampaikannya saat menutup rapat koordinasi validasi data bidang perumahan dan permukiman di Hotel Lion, Manado, Sulawesi Utara, Jumat (7/12/2018).

Baca Juga :  Rusli Serahkan Bantuan Pertanian di Bone Bolango

“Kedepan, selain kuantitasnya, kualitas RLH juga harus kita perhatikan. Jika kualitasnya kita abaikan, dua tiga tahun berikutnya pasti akan rusak, terus masuk lagi dalam data rumah tidak layak huni, akibatnya persoalan ini tidak akan pernah tuntas,” ujarnya.

Selain memperhatikan kualitas RLH, Idris juga mengungkapkan Pemprov Gorontalo akan terus berinovasi dalam pelaksanaan pembangunan RLH melalui program lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Wagub mengutarakan program lintas OPD itu merupakan upaya Pemprov Gorontalo dalam menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dalam membangun RLH, kita libatkan juga dinas terkait lainnya, seperti Dinas Pertanian, Dinas Sosial, Perikanan, ESDM, dan dinas lainnya. Tujuannya agar lebih komprehensif dan paripurna, rumahnya kita bangun, sudah ada listrikanya, terus kita bantu dengan program dari OPD lainnya agar bisa meningkat kesejahteraannya,” terang Idris.

Baca Juga :  Festival Kirab Nusantara 2017

Inovasi yang telah dilakukan Pemprov Gorontalo ini mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Kepala Dinas PRKP, Aries Ardiantor mengatakan berkat inovasi tersebut Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman (Pokja PKP) Provinsi Gorontalo berhasil meraih prestasi The Big Five Best Practice dari 34 Pokja PKP seluruh Indonesia.

“Ini bukan semata-mata kerja Dinas PRKP, tetapi semua instansi terkait. Sesuai instruksi pak Gubernur dan Wakil Gubernur, kami sinergikan program pembangunan RLH dengan program di instansi lainnya, seperti penyerahan benih jagung dan sapi, serta listrik gratis,” tandas Aries.

 

Pewarta : Haris

92 total views, 4 views today

author

Author: