Wagub Gorontalo Minta Anggaran Pendidikan Dipacu Penyerapannya

0
307
Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kiri) menyaksikan penandatanganan penyerahan surat penugasan Plt Kadis Dikbudpora Provinsi Gorontalo di aula SMK Negeri 1 Gorontalo, Kamis (21/6). (Foto : Haris – Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Pendidkan merupakan salah satu program unggulan Pemprov Gorontalo sejak periode pertama Gubernur Rusli Habibie dan Wagub Idris Rahim. Sejak periode itu pula, Pemprov Gorontalo telah mengalokasikan anggaran sebesar 20 persen untuk sektor pendidikan.

“Saya harapkan pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Provinsi Gorontalo yang baru dapat mengoptimalkan anggaran yang tersedia untuk kemajuan pendidikan di Provinsi Gorontalo,” kata Wagub Idris Rahim dalam sambutannya pada penyerahan surat penugasan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Dikbudpora dan Plt Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga di aula SMK Negeri 1 Gorontalo, Kamis (21/6).

Idris mengutarakan, penyerapan anggaran di sektor pendidikan merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan Pemprov Gorontalo khususnya dalan upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Apalagi, lanjut Idris, pendidikan menjadi salah satu tujuan bernegara yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Tugas dan fungsi Dikbudpora ini sangat berat. Saya minta kepada Plt kadis jangan ada anggaran yang tidak terserap dan dikembalikan ke pusat. Ingat, pak Gubernur sudah berjuang agar kita mendapat alokasi anggaran dari pusat, dan tanggung jawab kita bersama untuk memanfaatkan anggaran itu untuk membangun sektor pendidikan di Provinsi Gorontalo,” ujarnya.

Lebih lanjut mantan Sekda Provinsi Gorontalo ini berpesan kepada jajaran Dinas Dikbudpora untuk mengimplementasikan prinsip kerja yang disebutnya dengan istilah 3KO dan 4CT. 3KO yaitu Konsultasi, Koordinasi, dan Komunikasi. Sedangkan 4CT yakni Cepat Temu, Cepat Tanggap, Cepat Tindak, dan Cepat Tuntas.

Artikel Terkait  Pasar Murah Jangkau Warga Perbatasan di Bone Bolango

“Apapun tugas yang dibebankan, jika konsep 3KO dan 4CT ini diterapkan dengan baik, pasti semua tugas berjalan lancar. Khusus untuk Plt Kadis segera lakukan konsolidasi organisasi dan evaluasi masing-masing bidang agar pelaksanaan program kegiatan lebih dipacu dan terarah,” pesan Idris.

Plt Kadis Dikbudpora dijabat oleh Ramlah Habibie yang juga sebagai Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan, menggantikan Amran Pahrun yang menempati jabatan sebagai Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan. Sementara Plt Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga dijabat oleh Fitri Ahmad, menggantikan Mud Mada yang telah memasuki masa pensiun.

Pewarta/Editor : Haris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini