Wagub Gorontalo Himbau Simda Perencanaan Segera Diimplementasikan 

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim memberikan sambutan pada launching Aplikasi SIMDA Perencanaan di Provinsi Gorontalo, Selasa (14/8/18) di ruang rapat Duluhupa Kantor Gubernur Gorontalo. (foto : Humas -Haris)

Kota Gorontalo, Humas – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim menghimbau seluruh pemerintah daerah kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo khususnya yang sudah menggunakan Simda keuangan, agar segera mengimplementasikan Simda perencanaan dalam pengelolaan keuangan di daerah masing-masing. Himbauan ini disampaikan saat membuka launching Aplikasi SIMDA Perencanaan di Provinsi Gorontalo, Selasa (14/8/18) di ruang rapat Duluhupa Kantor Gubernur Gorontalo.

Wagub menjelaskan, untuk mendukung terwujudnya Good Governance dan Clean Governance dalam penyelenggaraan otonomi daerah, perlu diselenggarakan pengelolaan keuangan secara professional, terbuka dan bertanggung jawab sesuai dengan aturan pokok yang telah ditetapkan.

Baca Juga :  Rusli Jamin Stok Sembako Aman Selama Ramadhan

Menurut Idris, BPKP sebagai Badan Pemeriksa Keuangan diberi mandat melakukan pengawasan terhadap akuntabilitas keuangan dan pembangunan nasional dalam rangka mendorong akuntabilitas serta mewujudkan kesejahteraan dan komitment semua pihak.

“ BPKP telah berperan aktif melakukan pendampingan kepada pemerintah provinsi/kabupaten/kota dalam meningkatkan kinerja, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, serta penyediaan aplikasi simda keuangan berbasis akuntansi akrual,”tutur wagub.

Lebih lanjut  Idris mengungkapkan, kehadiran SIMDA keuangan sangat membantu mempercepat penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah dan juga mengurangi kesalahan aritmatika pada semua laporan yang terkait dengan produk SIMDA keuangan.

“ Kami bisa WTP 100 % juga salah satunya adalah karena bantuan dari teman-teman BPKP dengan Simda keuangannya,” terang Idris.

Baca Juga :  Tingkatkan Profesionalisme, Staf Kepegawaian Setdaprov Ikuti Bimtek

Idris berharap BPKP dapat terus membantu Provinsi Gorontalo dalam mengembangkan sistem perencanaan yang terintegrasi dengan SIMDA keuangan, dengan tetap menggunakan aplikasi lokal yang sudah dimanfaatkan selama ini, sebagai aplikasi kerja sebelum masuk ke Simda perencanaan dan Simda keuangan.

Launching aplikasi Simda Perencanaan ini, turut dihadiri pula oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Gatot, Darmasto bersama Tim SIMDA Perencanaan BPKP Pusat, Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Gorontalo Supriaydi, Kepala Bapppeda Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki, bupati dan walikota se-Provinsi Gorontalo, kepala bappeda kabupaten/kota, kepala badan keuangan provinsi/kabupaten/kota serta kepala inspektorat provinsi/kabupaten/kota.

Pewarta : Burhan

Editor : Asriani

205 total views, 2 views today

author

Author: