Wagub Gorontalo Hadiri Rakernas APPSI

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (depan, tengah), menghadiri Rakernas APPSI di Hotel Inna, Padang, Sumatera Barat, Kamis (21/2/2019). (Foto : Istimewa)

PADANG, Humas – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) yang dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, di Hotel Inna, Padang, Sumater Barat, Kamis (21/2/2019).

Rakernas yang dihadiri oleh 21 Gubernur se Indonesia, salah satunya membahas usulan untuk menaikkan gaji Gubernur yang dinilai kalah jauh dari gaji anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Menanggapi hal tersebut, Wapres Jusuf Kalla mengatakan bahwa gaji Presiden dan Wakil Presiden juga lebih rendah dari gaji DPR.

Baca Juga :  Gubernur Gorontalo Buka Peluang Staf Ikut Job Bidding

Menurutnya, pejabat negara memiliki tugas dan tanggung jawab untuk meningkatkan kesejahteraan dan mewujudkan kemajuan bangsa. Oleh karena itu Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah bertanggung jawab untuk kesejahteraan dan kemajuan di wilayahnya.

“Presiden dan wapres pun gajinya lebih rendah dari DPR, walau memiliki kewewenangan yang sangat besar. Jadi, bukan besar kecilnya gaji, tapi tanggung jawab yang harus dilakukan. Intinya, bagaimana kita mengabdi kepada bangsa. Kalau soal gaji, swasta yang lebih baik,” kata JK.

Selain itu Rakernas APPSI juga merekomendasikan agar pemerintah menurunkan biaya kargo udara dan meninjau kembali bagasi berbayar karena dinilai merugikan UMKM. Rakerna APPSI yang mengusung tema ‘Reformasi dan Kebijakan Strategi untuk Mendukung Pengembangan Produk Unggulan dan Kerjasama Antar Daerah’, bertujuan untuk mengkonsolidasikan program APPSI tahun 2019.

Baca Juga :  DPRD Resmi Terima LKPJ Gubernur 

Pada rangkaian kegiatan Rakernas APPSI dilaksanakan serah terima jabatan Ketua Umum APPSI dari Soekarwo yang telah habis masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Timur yang digantikan oleh Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, selaku Wakil Ketua Umum APPSI periode 2014-2019. Selanjutnya untuk memilih Ketua Umum APPSI untuk lima tahun ke depan, akan dilaksanakan musyawarah nasional pada November 2019 mendatang.

 

Pewarta : Haris

235 total views, 1 views today

Rate this article!
author

Author: