Wagub Gorontalo Hadiri Pencanangan Rencana Aksi SDGs

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim (depan, dua kiri) saat menghadiri pencanangan Rencana Aksi Susitanable Development Goals (SDGs) di Jakarta, Selasa (5/6/2018). (Foto: Adc Wagub).

JAKARTA, Humas – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim menghadiri pencanangan Rencana Aksi Nasional Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) / Suistanable Development Goals (SDGs) 2017-2019, di Jakarta, Selasa (5/6/2018). Acara yang dibuka oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla tersebut dihadiri oleh para kepala daerah dan Kepala Bappeda se Indonesia.

Rencana Aksi Daerah SDGs merupakan rencana aksi yang harus disusul oleh setiap daerah untuk mensukseskan tujuan pembangunan berkelanjutan yang telah disepakati secara global. Hal itu sejalan dengan Preaturan Presiden no. 59 tahun 2017 yang mewajibkan pelaksanaan pencapaian TPB harus sudah dimulai tahun 2018 ini.

Baca Juga :  Angka Kemiskinan Gorontalo Terus Mengalami Penurunan

SDGs harus mampu dijabarkan melalui program-program OPD terkait di tiap daerah. Program tersebut juga harus ditunjang dengan pengalokasian APBD yang proporsional agar tujuan pembangunan berkelanjutan dapat tercapai dengan baik.

Adapun 17 Goals Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yaitu 1). Tanpa kemiskinan, 2). Menghilangkan kelaparan, 3). Menjamin kehidupan yang sehat, 4). Menjamin kualitas pendidikan yang Inklusif, 5). Mencapai kesetaraan gender, 6). Menjamin ketersedian air bersih dan sanitasi.

7). Energi bersih dan terjangkau, 8). Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, 9). Industri,inovasi dan infrastruktur, 10). Berkurangnya kesenjangan intra dan antar negara, 11). Kota dan pemukiman yang berkelanjutan, 12). Konsumsi dan produksi yang bertanggungjawab, 13). Mengambil tindakan cepat mengatasi perubahan iklim dan dampaknya, 14).Ekosistim lautan, 15). Ekosistem daratan, 16). Menguatkan masyarakat yang inklusif dan damai, 17). Kemitraan untuk mencapai tujuan.

Baca Juga :  RUPS Bank SulutGO Laba Dan Efesiensi Terus Tumbuh

Pewarta: Adc Wagub

264 total views, 1 views today

author

Author: