Wagub Gorontalo Hadiri Pembukaan Musrenbangnas

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (tengah) menghadiri pembukaan Musrenbangnas di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Senin (30/4)

GORONTALO – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim menghadiri pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2019. Musrenbangnas dibuka oleh Presiden Joko Widodo di ballroom Puri Agung Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (30/4).

Dihubungi usai menghadiri kegiatan tersebut, Wagub Idris Rahim menyampaikan beberapa poin yang menjadi pokok arahan Presiden Jokowi pada kegiatan yang mengangkat tema pemerataan pembangunan untuk pertumbuhan berkualitas. Idris mengatakan, Presiden Jokowi menginstruksikan agar perencanaan pembangunan pusat dan daerah harus terintegrasi. Melalui Musrenbangnas Jokowi meminta sinkronisasi perencanaan pembangunan bisa diperbaiki.

Baca Juga :  WTP Komitmen Atas Kualitas Laporan Keuangan

“Presiden meminta kita harus menghargai waktu, meninggalkan cara kerja yang membuang-buang waktu dan bertele-tel, serta rantai birokrasi yang panjang. Jika minset kita masih seperti itu, maka kita tidak akan maju,” kata Wagub Idris Rahim menyampaikan pesan Presiden Jokowi.

Lanjut tutur Idris, Presiden Jokowi juga mengutarakan agar proyek pembangunan infrastruktur jangan selalu mengandalkan anggaran APBN maupun APBD. Pemerintah daerah diminta untuk lebih kreatif dalam mencari skema pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur. Selain itu, Jokowi juga menginstruksikan seluruh komponen bangsa untuk bergerak cepat, berinovasi, dan tidak terjebak dengan rutinitas.

“Arahan Presiden ini harus kita implementasikan di daerah. Menurut Presiden, saat ini bukan eranya yang besar mengalahkan yang kecil, ataupun yang kuat mengalahkan yang lemah. Tetapi yang cepat akan mengalahkan yang lambat, dan ini sejalan dengan upaya Pemprov Gorontalo untuk mempercepat terwujudnya visi Gorontalo yang unggul, maju, dan sejahtera,” terang Wagub Idris Rahim.

Baca Juga :  Korban Bencana Harus Diberi Pelayanan yang Nyaman

Musrenbangnas RKP 2019 dihadiri oleh para pimpinan Lembaga Tinggi Negara, Menteri Kabinet Kerja, serta para kepala daerah provinsi dan kabupaten/kota. Musrenbangnas akan berlangsung dari 30 April hingga 11 Mei 2018.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Badan Penghubung Jakarta

278 total views, 1 views today

author

Author: