Wagub Gorontalo Buka Kejurda Karate Inkanas

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (tengah) bertindak sebagai inspektur upacara pada pembukaan Kejurda Karate Inkanas piala Gubernur dan Kapolda Gorontalo di Belle li Mbui, Kota Gorontalo, Minggu (9/9). (Foto : Haris – Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim membuka Kejuaraan Daerah (Kejurda) Karate Inkanas di gedung Belle li Mbui Kota Gorontalo, Minggu (9/9/2018). Kejurda Karate Inkanas yang memperebutkan trofi Gubernur dan Kapolda Gorontalo.

Dalam sambutannya Wagub Idris Rahim berharap, pelaksanaan kejurda akan menjadi sarana yang mampu memetakan potensi sekaligus wadah pembinaan atlet karate di Provinsi Gorontalo. Diutarakannya, pembinaan atlet secara berjenjang dan kontinyu merupakan strategi dalam melahirkan atlet-atlet berprestasi yang mampu mengharumkan nama daerah dan bangsa.

Baca Juga :  KPAP Sosialisasikan Bahaya HIV AIDS di Lingkup SMA

“Melalui kejurda ini mudah-mudahan akan lahir atlet karate yang mampu berkiprah di tingkat regional, nasional, hingga internasional, seperti halnya atlet sepak takraw yang beberapa waktu berhasil menyumbang medali pada ajang Asian Games,” ucap Idris.

Sementara itu Kapolda Gorontalo Brigjen Pol. Rachmad Fudail selaku Ketua Umum Pengurus Daerah (Pengda) Inkanas Provinsi Gorontalo menjelaskan, penyelenggaraan Kejurda Karate Inkanas bertujuan untuk mengasah kemampuan dan meningkatkan kualitas para atlet karate Gorontalo, serta sebagai ajang evaluasi dalam pembinaan prestasi secara berjenjang dan berkelanjutan.

“Saya sangat berharap dari 1,2 juta penduduk Provinsi Gorontalo, akan lahir minimal 10 atlet karate yang sangat luar biasa dan bisa diikutkan pada kejurnas, Asian Games, bahkan hingga ke olimpiade,” ujar Kapolda.

Baca Juga :  ASN Wajib Promosikan Destinasi Wisata

Lebih lanjut Kapolda mengatakan, dalam upaya pembinaan atlet karate, Pengda Inkanas Provinsi Gorontalo melakukan strategi pembinaan sejak usia dini. Melalui metode pembinaan tersebut diharapkan mampu melahirkan atlet karate yang tangguh dan berprestasi.

Atraksi atlet karate Provinsi Gorontalo

“Banyak sekali anak usia dini yang saat ini sudah mulai kita didik dan latih bela diri karate. Pada kejurda ini juga dipertandingkan kelas untuk anak-anak, mudah-mudahan mereka semakin termotivasi dan bersemangat untuk terus berlatih,” tutur Rachmad.

Kejurda Karate Inkanas akan memperebutkan piala Gubernur dan Kapolda Gorontalo. Kejurda yang akan berlangsung selama tiga hari, 9 – 11 September 2018, diikuti oleh 217 atlet karate utusan dari selurus Pengurus Cabang Inkanas se Provinsi Gorontalo. Peserta kejurda dibagi dalam dua kategori yaitu umum dan Polri dengan mempertandingkan nomor Kata dan Komite.

Baca Juga :  Wagub Buka Turnamen Sepak Bola Liga Nusantara

Pewarta : Haris

957 total views, 1 views today

author

Author: