Wagub Dorong Percepatan Penetapan Danau Limboto Sebagai Geopark Nasional

0
181
Wagub Gorontalo H. Idris Rahim memberikan arahan pada pembukaan dialog kelompok fokus pengembangan kawasan geopark di Pentadio Resort, Kabupaten Gorontalo, Senin (19/8/2019). (Foto : Haris – Humas)

KABUPATEN GORONTALO, Humas – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim mendorong percepatan penetapan Danau Limboto sebagai kawasan Geopark Nasional di Provinsi Gorontalo. Hal itu disampaikannya pada diskusi kelompok fokus yang mengangkat tema potensi pengembangan kawasan geopark yang digelat oleh Dewan Riset Daerah Provinsi Gorontalo di Pentadio Resort, Kabupaten Gorontalo, Senin (19/8/2019).

“Penetapan kawasan Geopark Nasional memberi dampak yang besar terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu kita harus mempercepat agar Danau Limboto ini menjadi kawasan Geopark Nasional,” ujar Wagub Idris Rahim.

Idris mengutarakan, Provinsi Gorontalo memiliki potensi yang besar untuk pengembangan kawasan geopark atau taman bumi. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2019 Tentang Pengembangan Taman Bumi, tiga syarat yang harus dipenuhi dalam pengembangan geopark yaitu geodiversity atau keragaman geologi, biodiversity atau keragaman hayati, serta cultural diversity atau keragaman budaya.

“Daerah kita memiliki ketiga syarat untuk pengembangan kawasan geopark. Yang kita butuhkan saat ini adanya suatu kebijakan dan strategi untuk pengembangan geopark,” tutur Idris.

Melalui diskusi kelompok fokus tersebut Wagub Idris Rahim berharap adanya saran dan masukan terkait kebijakan dan strategi yang menyeluruh dan terintegrasi terhadap pengembangan kawasan geopark.

“Kebijakan tersebut akan menjadi acuan dalam penyusunan rencana program dan penganggaran,” tandas Idris.

Pewarta : Haris

Artikel Terkait  Mentan Jamin Bantuan Pertanian Gorontalo Aman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini