Wagub Buka Pembinaan Jamaah Haji Provinsi Gorontalo

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim memberikan sambutan pada pembinaan jamaah haji Provinsi Gorontalo tahun 1438 H/2017 M

GORONTALO – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim membuka pembinaan jamaah haji Provinsi Gorontalo, musim haji tahun 1438 Hijriah/2017 Masehi, di Graha Misfalah Kota Gorontalo, Minggu (9/7).

“Pembinaan bagi jamaah haji adalah satu tuntutan kebutuhan. Melalui pembinaan ini diharapkan setiap jamaah dapat mengetahui dan memahami seluruh rangkaian pelaksanaan ibadah haji,” kata Wagub Idris Rahim mengawali sambutannya pada kesempatan itu.

Idris menuturkan, pembinaan jamaah haji ini bertujuan untuk membentuk kemandirian jamaah haji dalam pelaksanaan seluruh rangkaian ibadah haji.

“Setiap jamaah tidak bisa selamanya menggantungkan dirinya pada kelompok dan regu. Jamaah harus mandiri dalam melaksanakan syarat dan rukun haji,” tegas Wagub.

Kepada jamaah haji Provinsi Gorontalo, Idris berpesan untuk selalu menjaga nama baik daerah dan bangsa Indonesia. Dirinya berharap, jamaah haji Provinsi Gorontalo menjadi contoh dan teladan bagi jamaah haji dari daerah lainnya. Tak lupa Idris juga mengingatkan, disisa waktu yang ada saat ini hingga proses pemberangkatan nanti, seluruh jamaah haji harus menjaga kesehatan dan kebugaran fisik.

“Ibadah haji adalah ibadah fisik, jaga kesehatan agar fisik tetap prima. Setibanya di Tanah Suci, tolong jaga nama baik bangsa Indonesia dan juga nama baik daerah kita yang dikenal sebagai Serambi Madinah,” tuturnya.

Pembinaan jamaah haji Provinsi Gorontalo diisi dengan pemaparan materi tentang pelayanan jamaah haji di Arab Saudi oleh Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama RI Hj. Sri Ilham Lubis, dilanjutkan materi problematika hukum perhajian oleh Kepala Biro Perencanaan Kemenag RI, Ali Rokhmad.

Sesi berikutnya materi tentang makna ibadah haji dalam pandangan tasauf oleh Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag RI, Prof. H. Abdul Djamil, dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Direktur Pembinaan Haji dan Umrah Kemenag RI H. Muhajirin Yanis tentang kebijakan Kemenag RI dalam penyelenggaraan haji, dan materi terakhir tentang kebijakan penyelenggaraan haji Provinsi Gorontalo yang dibawakan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Gorontalo, H. Rusman Langke.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

224 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply