Wagub Buka Parade Cinta Tanah Air

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim memberikan arahan kepada peserta parade cinta tanah air

GORONTALO – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, membuka parade cinta tanah air yang diselenggarakan oleh Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo bekerjasama dengan Koordinator Daerah Kementarian Pertahanan Gorontalo, di aula SMK Negeri 2 Gorontalo, Senin (24/7).

Wagub Idris Rahim mengemukakan, tekad dan ikrar satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa, yaitu Indonesia, harus diteguhkan kembali dalam setiap sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Di tengah berbagai persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini, semangat kebersamaan serta persatuan dan kesatuan seluruh komponen bangsa, menjadi modal utama untuk menghadapi tantangan, hambatan, dan gangguan. Idris menambahkan, dalam sejarah merebut kemerdekaan hingga di era saat ini dalam mengisi kemerdekaan dengan pembangunan, berbagai peristiwa silih berganti coba merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Sehingga itu, parade cinta tanah air ini menjadi sangat penting sebagai upaya untuk terus menumbuhkan semangat cinta tanah air demi tegaknya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” kata Wagub Idris Rahim.

Melalui kegiatan parade cinta tanah air, Idris berharap para pelajar, mahasiswa dan generasi muda pada umumnya, dapat menumbuhkan wawasan kebangsaannya dengan tekun belajar dan meningkatkan kualitas diri dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi tantangan masa depan. Wagub mengingatkan, generasi muda jangan terlena dan hanya puas menjadi pengguna teknologi, tetapi harus mampu memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengembangkan diri menjadi generasi yang handal, berkualitas, dan profesional.

“Adik-adik memiliki tugas dan tanggungjawab yang besar sebagai generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa. Sehingga itu manfaatkan waktu untuk belajar, belajar, dan terus belajar,” pesan Idris kepada peserta parade cinta tanah air.

Sebelumnya Kepada Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo, Weni Liputo, dalam laporannya menjelaskan, pelaksanaan parade cinta tanah air bertujuan untuk menanamkan pandangan dasar kehidupan berbangsa dan bernegara, serta menguatkan mentalitas generasi muda terhadap cinta tanah air. Parade cinta tanah air tingkat Provinsi Gorontalo berupa kegiatan cerdas cermat yang diikuti oleh 19 tim dari SMA dan 19 tim SMK utusan kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo, serta 16 tim dari perguruan tinggi. Adapun yang bertindak sebagai dewan juri pada kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari ini, masing-masing dari unsur Kodim 1304 Gorontalo, unsur perguruan tinggi, serta Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo.

“Patut kita syukuri parade cinta tanah air yang secara rutin kita laksanakan setiap tahun, dimana untuk tahun ini menjadi tahun ketiga pelaksanaanya, jumlah pesertanya meningkat. Kami berharap, meningkatnya jumlah peserta ini akan semakin menanamkan rasa cinta tanah air dikalangan pelajar dan generasi muda,” pungkas Weni.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

158 total views, 1 views today

Rate this article!
author

Author: 

Leave a Reply