Wagub Bekali CPNS Kemenkumham Gorontalo

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kiri) menyerahkan Surat Keputusan kepada seorang CPNS Kanwil Kemenkumham Gorontalo, Senin (22/1)

GORONTALO – Sebanyak 164 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lingkup Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Gorontalo, mengikuti pembukaan pembekalan orientasi di aula Kanwil Kemenkumham Gorontalo, Senin (22/1).

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan itu Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim mengatakan, Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah abdi negara dan abdi masyarakat. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, maupun dalam kehidupan kesehariannya, ASN diatur oleh aturan perundang-undangan.

“ASN itu ibarat burung dalam sangkar emas, mereka terkurung dan dibatasi oleh aturan perundang-undangan. Mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki, diatur oleh undang-undang,” kata Idris.

Menjadi seorang ASN, lanjut Idris, harus memiliki integritas, beretika, berdisiplin, mampu bersinergi, berkoordinasi, serta mampu memahami dan melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Wagub juga mengingatkan untuk terus belajar guna meningkatkan kualitas dan kapasitas diri.

“Teruslah belajar, kuasai tugas dan data, jangan menunggu perintah, dan jangan melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga, dan instansi. Keberadaan saudara dalam permanen sistem benar-benar harus berguna bagi Kanwil Kemenkumham Gorontalo,” pesan Idris.

Pada kesempatan itu Wagub Idris Rahim juga berbagi pengalaman dan mengisahkan perjalanan karirnya sebagai seorang aparatur yang dirintisnya dari golongan bawah. Idris menuturkan, keberhasilannya mencapai pangkat dan golongan tertinggi sebagai aparatur, tak lepas dari usahanya untuk bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas. Menurutnya, seorang aparatur tidak boleh hanya berorientasi pada pendapatan.

“Soal rejeki jangan ditempatkan di depan, karena akibatnya kita bekerja hanya untuk mengejar pendapatan. Bekerjalah degan keras, cerdas, dan ikhlas, pasti rejeki akan mengikuti kita. Itu saya sudah buktikan sendiri, sehingga dari golongan terendah saya bisa mencapai golongan IVe,” tandas Idris.

164 CPNS Kanwil Kemenkumham Gorontalo terdiri dari 149 untuk formasi SLTA dan 15 orang formasi Sarjana S1. Seluruh CPNS itu akan mengikuti orientasi selama sepekan, sebelumnya nantinya akan ditempatkan di beberapa unit pelaksana teknis di lingkungan Kanwil Kemenkumham Gorontalo.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

118 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply