Wagub Apresiasi Jumlah Jemaah Umroh Gorontalo Meningkat

0
550
Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim saat memberi sambutan pada pelepasan jamaah umroh, di asrama haji Provinsi Gorontalo, Jumat (13/4)

GORONTALO – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengungkapkan apresiasi dan rasa senangnya dengan bertambahnya jamaah umrah Gorontalo.

“Saya apresiasi dan senang jumlah jamaah Gorontalo yang akan melaksanakan umrah setiap tahun terus bertambah, salah satunya lewat Lamahu Tour & Travel ini. Itu tandanya tingkat keimanan dari masyarakat Gorontalo bertambah dan ekonomi juga meningkat,” ungkap Idris Rahim saat melepas pemberangkatan jamaah umrah sekaligus melaunching pemberangkatan perdana dari Lamahu Tour & Travel Gorontalo, Jum’at (13/4), di asrama haji Provinsi Gorontalo.

Menurut wagub, akibat dari lamanya daftar tunggu untuk ibadah haji yang cukup panjang, menjadi salah satu penyebab masyarakat memilih untuk melakukan ibadah umrah agar bisa beribadah di tanah suci Mekkah.

“Saya pribadi dan Pemerintah bersyukur dengan peningkatan jumlah jamaah umrah setiap tahunnya, sebab dengan banyaknya jamaah yang ikut umrah atau haji menandakan peningkatan perekonomian masyarakat dan program unggulan pemerintah yaitu agama dan budaya yang semarak telah terwujud dan berjalan secara bertahap,” ujar Idris.

Idris juga mengingatkan, agar masyarakat lebih cermat dan teliti memilih biro penyelenggara perjalanan haji dan umrah.

“Pilihlah yang profesional dan benar-benar memiliki izin dari Kementerian Agama agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang telah terjadi sebelumnya,” kata Idris mengingatkan.

Idris berpesan, seiring dengan meningkatnya jumlah jemaah umroh, masyarakat disarankan umrah hanya sekali atau dua kali saja, agar memberi kesempatan kepada masyarakat lain untuk bisa menjalankan ibadah umrah. Selain itu jamaah umroh juga diminta untuk mendoakan Provinsi Gorontalo.

Artikel Terkait  Gubernur Lantik 131 Pejabat Pemprov Gorontalo

“Saya berpesan kepada seluruh jamaah umrah Gorontalo untuk saling membantu antara sesama jamaah, memperbanyak ibadah dan berdoa kepada Allah SWT serta mendoakan keluarga, juga masyarakat dan Pemerintah Gorontalo agar lebih sejahtera,” tutup wagub.

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia, Muhajirin Yanis menyerahkan surat keputusan izin penyelenggaraan ibadah umrah dan haji kepada PT. Lamahu sekaligus mengumumkan rencana launching aplikasi “SIPATU”, yaitu aplikasi yang dapat menghubungkan semua data peserta haji dan PPEU (Perusahaan Penyedia Embarkasih Umrah) pada 25 April mendatang.

“Berdasarkan data dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, hingga saat ini sudah ada dua penyelenggara perjalanan umrah di Gorontalo yang resmi memiliki izin dari Kementerian Agama yaitu PT Rim Tour & Travel dan PT. Lamahu Tour & Travel,” urai Muhajirin.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo saat ini telah menetapkan 5 aspek dalam memilih perusahaan penyelenggara ibadah umrah dan haji.

Kelima aspek tersebut yaitu pertama pastikan travel yang menyediakan layanan tersebut telah memiliki izin dari Kementerian Agama. Kedua, mintalah kepastian jadwal keberangkatan dan transportasi pesawat apa yang akan digunakan. Ketiga, pastikan menu layanan yang disediakan mulai dari konsumsi, hotel dan jarak tempuh tempat tinggal atau hotel tidak bisa berjarak lebih dari 1000 meter. Keempat, pastikan lokasi dan spesifikasi hotelnya dan terakhir pastikan Visa sudah keluar.

Artikel Terkait  Pengrajin Harus Dikader

Pewarta : Fikri

Foto : Gusti

Editor : Asriani

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini