Wagub Ajak Masyarakat Sukseskan Program Germas

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kanan) melepas peserta jalan sehat yang digelar dalam rangka peringatan HKN ke-53 tingkat Provinsi Gorontalo di Taruna Remaja Kota Gorontalo, Minggu (12/11)

GORONTALO – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim mengajak seluruh masyarakat Provinsi Gorontalo untuk mensukseskan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Hal ini disampaikannya pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tingkat Provinsi Gorontalo yang dilaksanakan di lapangan Taruna Remaja Kota Gorontalo, Minggu (12/11).

“Hidup sehat adalah kebutuhan setiap manusia, untuk itu secara mandiri masyarakat harus berperilaku hidup sehat yang dimulai dari lingkungan keluarga,” kata Idris.

Kemudian kata Idris, Germas bertujuan untuk menghindarkan masyarakat dari penyakit menular dan tidak menular yang berakibat pada menurunnya produktivitas masyarakat, menurunkan beban pembiayaan kesehatan, penguatan sistem kesehatan, dan fokus pada pemerataan layanan melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Untuk mencapai tujuan itu dibutuhkan peran lintas sektor dan lintas program, semua harus saling terkait dan bersinergi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” tegasnya.

Lebih lanjut ungkap Wagub, Pemerintah Provinsi Gorontalo memiliki komitmen yang tinggi dalam meningkatkan kualitas dan derajat kesehatan masyarakat Provinsi Gorontalo. Kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat terus ditingkatkan melalui program kesehatan gratis yang menjadi salah satu program unggulan Pemprov Gorontalo hingga periode kedua kepemimpinan Gubernur Rusli Habibie dan Wagub Idris Rahim. Meski demikian kata Idris, masih banyak tugas, tantangan, dan permasalahan yang harus dituntaskan di sektor kesehatan. Masih tingginya angka kematian ibu melahirkan, angka kematian bayi dan kasus gizi buruk, serta semakin tingginya angka penularan HIV Aids, merupakan pekerjaan rumah yang harus segera dituntaskan.

“Pada RPJMD 2017-2022, sektor kesehatan tetap menjadi prioritas Pemprov Gorontalao. Kita akan mengarahkan program kesehatan untuk menuntaskan persoalan di bidang kesehatan,” ujar Wagub.

Terkait hal itu Wagub Idris Rahim berharap, peringatan HKN ke-53 ini menjadi momentum seluruh jajaran kesehatan di Provinsi Gorontalo untuk mengevaluasi dan merefleksi kembali sejauh mana keberhasilan pelaksanaan program kesehatan. Dirinya juga menginstruksikan seluruh jajaran kesehatan untuk terus melakukan upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dalam meningkatkan derajat kesehatan masyakat melalui pendekatan keluarga, sesuai dengan tema peringatan HKN ke-53 yaitu “Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku”.

“Tugas dan tanggung jawab kita untuk memenuhi ekspektasi atau harapan masyarakat. Untuk itu mari kita terus terpadu mewujudkan masyarakat Gorontalo yang sehat,” pungkas Idris.

Pada puncak peringatan HKN ke-53 tingkat Provinsi Gorontalo, digelar berbagai kegiatan, diantaranya jalan sehat dan senam bersama, bazar buah, dan donor darah. Selain itu dilaksanakan pula kegiatan penyebaran informasi kesehatan, pelayanan kesehatan gratis terpadu, serta lomba dekorasi sayur dan buah yang diikuti oleh seluruh instansi kesehatan provinsi dan kabupaten/kota.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

104 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply