Wagub Ajak Masyarakat Membumikan Nilai Pancasila

Wagub Idris Rahim bersama jamaah Masjid Al-Hikmah

 

Wakil Gubernur H. Idris Rahim mengatakan, salah satu strategi ataupun kiat untuk terus menumbuhkan nilai-nilai Pancasila, yakni dengan membumikan sikap yang mencerminkan nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Cukup dengan hal-hal yang kecil saja, seperti saling tolong menolong, saling asah asih dan asuh. Itu sudah menunjukkan sikap yang mencerminkan nilai Pancasila,” kata Wagub Idris Rahim dihadapan jamaah Masjid Al-Hikmah Wumialo, Kota Gorontalo, Jumat (2/6), usai melaksanakan shalat Jumat dalam rangka safari Ramadhan Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Idris menambahkan, Pancasila tidak bisa hanya sekedar dihafal kelima silanya, tetapi harus dipahami, dihayati, diamalkan dan diimplementasikan dalam pergaulan hidup sehari-hari. Menurutnya, yang menjadi tantangan terbesar bagi seluruh bangsa Indonesia saat ini adalah mewujudkan Sila Kelima, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Idris mengungkapkan, tingginya angka gini rasio yaitu 0,41 untuk skala nasional, dan 0,40 untuk Provinsi Gorontalo, menunjukkan masih tingginya ketimpangan pendapatan. Oleh karena itu, pemerintah berkewajiban untuk melakukan pemerataan pembangunan yang diarahkan untuk kepentingan masyarakat, dan hasilnya pun harus dirasakan seluruh masyarakat.

“Pemerataan pembangunan ini yang akan menjadi fokus Pemerintah Provinsi Gorontalo. Kita tidak menginginkan hanya segelintir orang yang menikmati hasil pembangunan, yang kita mau, seluruh masyarakat Provinsi Gorontalo sejahtera,” ungkap Idris.

Pada kesempatan itu Wagub Idris Rahim yang turut didampingi pimpinan SKPD Provinsi Gorontalo yang termasuk dalam Tim Safari Ramadhan, menghimbau dan mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

“Kita harus bersama-sama menjaga agar Gorontalo tetap aman dan tertib. Jika kondisi daerah aman dan tertib, pemerintah bisa fokus pada pelaksanaan pembangunan,” pungkasnya.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

163 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply