Wagub Ajak Masyarakat Gorontalo Teladani Kepahlawanan Nani Wartabone

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim melakukan tabur bunga di makam Pahlawan Nasional Nani Wartabone, Selasa (23/1)

GORONTALO – Semangat dan jiwa patriotisme yang ditunjukkan oleh Pahlawan Nasional Nani Wartabone, harus menjadi teladan bagi seluruh masyarakat Gorontalo khususnya kalangan generasi muda. Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim usai mengikuti upacara ziarah di makam Nani Wartabone dalam rangka peringatan Hari Patriotik 23 Januari di desa Bube Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Selasa (23/1).

“Beliau telah berkorban jiwa raga dan harta demi kemerdekaan bangsa Indonesia di Gorontalo. Sikap ini harus kita teladani dan aktualisasikan dalam memajukan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Gorontalo,” kata Wagub Idris Rahim.

Peringatan Hari Patriotik 23 Januari yang juga telah ditetapkan sebagai Hari Karawo, menjadi momentum untuk terus mengembangkan produk heritage kebanggaan masyarakat Gorontalo itu. Idris mengatakan, salah satu bentuk aktualisasi semangat juang Pahlawan Nasional Nani Wartabone yaitu dengan mengembangkan berbagai potensi dan produk usaha mikro kecil dan menengah yang mengangkat khasanah budaya Gorontalo.

“Kita sudah menetapkan Hari Patriotik 23 Januari juga sebagai Hari Karawo. Ini mengandung makna bahwa untuk mengembangkan kain Karawo hingga dikenal ke mancanegara, juga dibutuhkan semangat juang dari pemerintah, pelaku usaha Karawo, dan seluruh masyarakat,” tutur Wagub.

Bertindak sebagai inspektur upacara ziarah di makam Pahlawan Nasional Nani Wartabone yakni Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Gorontalo Made Suratmaja. Upacara ziarah diikuti oleh unsur TNI, Polri, pemuda, dan siswa, serta turut dihadiri oleh unsur Forkopimda dan pimpinan organisasi perangkat daerah Provinsi Gorontalo. Usai upacara, dilanjutkan dengan tabur bunga di makam Nani Wartabone dan isterinya Aisa Wartabone Tangahu.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

111 total views, 3 views today

author

Author: 

Leave a Reply