Upacara HUT Proklamasi Di Gorontalo Berlangsung Hikmat

RHNews.com – Upacara peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 tingkat Provinsi Gorontalo, Senin (17/8) berlangsung hikmat. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Upacara yang dipusatkan di halaman rumah jabatan gubernur tersebut dimulai sekitar pukul 09.30 Wita. Bertindak sebagai Komandan Upacara Letkol Inf. Hendy Ahmad Pribadi yang juga menjabat sebagai Komandan Bataliyon Inf. 713 Santiago.

Detik detik proklamasi dilaksanakan tepat pukul 9.50 Wita yang ditandai dengan pembuyian sirene oleh inspektur upacara dan disusul dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Rustam Akili.

Selanjut Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengajak kepada semua perserta mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan. Pembacaan doa oleh Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Drs. H. Rusman Langke, M.Pd turut melengkapi hikmatnya upacara pagi itu.

Suasana hikmat semakin terasa ketika barisan pengibar bendera merah putih berjalan memasuki lapangan upacara yang dipimpin oleh Iptu Jos Absalom Sakil, SIK. Lulusan Akpol 2012 itu sehari harinya menjabat sebagai Komandan Kompi 2 Detasemen B Brimob Gorontalo.

Bertindak sebagai pembawa bagi pada upacara tersebut yakni Cahyani Wahyuningtias Posangi. Putri kelahiran Gorontalo 14 Agustus 1999 itu utusan dari SMA 1 Kota Gorontalo. Cahyani diapati oleh pengerek bendera Mohamad Aryandi Baluntu dari SMA Negeri 1 Telaga Biru serta Moh Afandi Musa sebagai pementang bendera.

Bertindak sebagai Danpok 8 yakni Rivaldy Habibie. Pemuda kelahiran Gorontalo 8 Januari 1999 itu utusan dari SMA Negeri 3 Kota Gorontalo.

Panitia dan pasukan pengibar bendera tampak lebih siap mengantisipasi berbagai kemungkinan terburuk yang bisa terjadi saat pengibaran bendera. Peringatan HUT Proklamasi ke-70 dilengkapi dengan menyanyikan lagu lagu perjuangan oleh ratusan perwakilan siswa siswi SD dan SMA se Gorontalo.

Upacara diakhiri dengan drama teatrikal oleh kelompok kesenian Peniti dari UNG bekerjasama dengan Kodim 1304 Gorontalo. Tetarikal tersebut menggambarkan bagaimana usaha Bung Karno dan Hatta berserta kelompok pemuda yang sukses mengumandangkan proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945.

Hadir dalam upacara tersebut, Wagub Gorontalo Idris Rahim bersama Isteri Ny Nurinda Rahim, Ketua TP.PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibie, Unsur Forkopimda, Pimpinan dan Aggota DPRD serta Pejabat teras Pemprov, Legiun Veteran serta tamu undangan lainnya.

306 total views, 1 views today

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply