Upacara Gelar Senja, Untuk Keterampilan dan Ketangkasan Pramuka

0
132
Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah Rusli Habibie (kiri), menyematkan pin tunas kelapa kepada pengurus Dewan Kerja Daerah Provinsi Gorontalo periode 2019-2020 di halaman Kantor Kwarda Gorontalo, Rabu (14/8/2019). (Foto : Andika Humas)

Kota Gorontalo, Humas – Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-58 tahun 2019 tingkat Provinsi Gorontalo, Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Gorontalo menggelar upacara gelar senja,  yang dipimpin langsung oleh Ketua Kwarda Gorontalo Idah Syahidah, di halaman kantor Kwarda Gorontalo, Rabu, (14/8/2019).

Dalam sambutannya Idah menyampaikan upacara gelar senja merupakan kegiatan untuk keterampilan dan ketangkasan kepramukaan khususnya di Provinsi Gorontalo. Terlebih tahun ini hari pramuka mengusung tema “Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keuutuhan NKRI”.

“Tema hari ini hadir di tengah-tengah keprihatinan banyaknya permasalahan kekinian yang mengancam keutuhan NKRI. Untuk itu dalam rangka hari pramuka, agar kiranya kakak –kakak dan adik-adik dapat memperhatikan hal hal seperti merebaknya KKN, globalisasi dari aspek negative,kerusakan dan pencemaran lingkungan, serta keprihatinan tentang belum terstandarnya seragam pramuka baik warna, desain, atribut maupun tatacara penggunaannya,” kata Idah

Selanjutnya istri gubernur gorontalo ini mengajak seluruh anggota pramuka untuk merenung kembali kepada masing-masing pribad   i tentang sejauh mana usaha yang telah dilakukan terhadap pembinaan generasi muda melalui Gerakan Pramuka.

“Setelah kita renungkan, marilah kita sebagai pandu Indonesia membulatkan tekad, mengobarkan semangat untuk meneruskan perjuangan dan pengabdian demi terwujudnya tujuan bangsa yakni, masyarakat adil dan makmur berdasarkan pancasila,” tandasnya

Selain melaksanakan upacara gelar senja , Kwarda Gorontalo juga menggelar berbagai kegiatan di hari pramuka ke 58 ini, seperti pramuka bersih negeri dengan pungut sampah plastik yang dipusatkan disekitar terminal Andalas, pasar Bulota dan tempat ibadah di Kota Gorontalo. Adapula kegiatan aksi donor darah, ziarah dan tabur bunga pada makam tokoh pramuka, serta pentas seni dan budaya yang dilanjutkan dengan malam ulang janji pramuka.

Artikel Terkait  Dinas Sosial Bangun Komitmen Bersama Stakeholder Urusan Sosial

Pewarta : Echin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini