Universitas Ehime Jepang Lirik Gorontalo Bangun Taman Geologi

Gorontalo – Sekretaris Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa menerima audiensi perwakilan Ehime University Jepang Masayuki Sakakibara bersama tim, didampingi oleh Wakil Rektor Universitaa Negeri Gorontalo (UNG) Mahludin Baruadi di Rumah Dinas Sekda, Sabtu (19/8).

Tujuan audiensi tersebut untuk melaporkan hasil rekomendasi seminar internasional yang telah di laksanakan oleh Ehime University dan UNG.

Winarni menyebutkan ada beberapa konsep pembangunan berkelanjutan yang ditawarkan oleh pihak Ehime University, salah satunya yakni geopark atau taman geologi.

“Pada prinsipnya Ehime University melihat daerah kita disamping sektor pertanian, sektor pariwisata mempunyai potensi yang sangat besar tetapi kita juga harus menyesuaikan dengan kondisi dan kearifan lokal masyarakat Gorontalo,” tambah  Winarni.

Winarni berharap sinergitas yang akan terbangun  ini nantinya dapat mendukung delapan program prioritas gubernur dan wakil gubernur untuk lima tahun ke depan.

Sementara itu Wakil Rektor UNG Mahludin Baruadi  mengatakan seminar  internasional yang digagas merupakan kerjasama UNG dengan Ehime University, dengan melibatkan sejumlah perguruan tinggi mitra dari keduanya.

“Kerjasama Universitas Ehime dan UNG akan melaksanakan beberapa hal terutama yang berhubungan dengan geologi, pertanian dan pariwisata,” ungkap Wakil Rektor UNG.

Universitas Ehime Jepang berniat mengembangkan penelitian konservasi geowisata dan kawasan taman bumi atau geopark di Provinsi Gorontalo.

“Peneliti dari Ehime University melihat Gorontalo memiliki potensi yang sangat besar untuk dijadikan geopark nasional bahkan internasional,” pungkas Baruadi.

Pewarta /foto : Nova

Editor              : Asriani

222 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply