Tumbuhkan Minat Baca, Dinas Arpus Gelar Lomba Bercerita

0
315
Pj. Sekdaprov Anis Naki memberikan sambutan dalam lomba bercerita bagi Siswa SD/MI tingkat Provinsi Gorontalo di gedung Misfalah Kota Gorontalo, Selasa (17/7/2018). (foto : Nova-Humas)

KOTA GORONTALO, HUMAS – Memupuk kecintaan siswa-siswi Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam membaca, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Provinsi Gorontalo menyelenggarakan lomba bercerita bagi Siswa SD/MI tingkat Provinsi Gorontalo di gedung Misfalah Kota Gorontalo, Selasa (17/7/2018).

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Anis Naki memberikan apresiasi atas penyelenggaraan lomba bercerita yang diselenggarakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.  Kegiatan ini menurutnya merupakan upaya kita untuk mengembangkan dan membudayakan minat baca terhadap anak-anak.

“Kalau kita melihat kegiatan hari ini, sama halnya dengan kita mengembalikan tradisi lama dari orang tua dulu dalam istilah Gorontalo “mohungguli” dan itu sangat berkesan kepada anak-anak,” ujar Anis.

Ia mengungkapkan, Thailand maju, Korea maju, karena cerita-cerita dongeng orangtua. Bercerita kepada anak merupakan salah satu metode pembelajaran yang ampuh untuk menanam dan menumbuh kembangkan kepribadian anak sejak dini.

“Untuk para orangtua saya harap dapat meluangkan sedikit waktu setiap harinya untuk bercerita kepada anak-anak dan mendengarkan mereka. Ketelanjuran anak-anak kita yang sudah mencintai telepon seluler yang kini sudah masuk pada era android dimana anak-anak kecil sudah lebih terampil dari pada orang dewasa agar lebih memperhatian anaknya,” urai Anis.

Sementara itu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo Yosef  P. Koton mengatakan, kegemaran minat membaca anak-anak serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan buku harus ditumbuh kembang sejak dini dan mencari generasi muda yang dapat menjadi panutan yang dapat membudayakan gemar membaca.

Artikel Terkait  Mensos: HKSN di Gorontalo Mendekati Sempurna

“Menumbuh-kembangkan kecintaan anak-anak terhadap karya  budaya bangsa dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah (lokal) yang mengandung nilai-nilai kehidupan, baik buku bernuansa cerita kepahlawanan maupun legenda,” ungkap Yosef

Dinas Arpus juga telah melaksanakan program IMUT (iqra mopolaiyio tilapulo) yang artinya membaca untuk meningkatkan pendapatan. “Program inovasi dari dinas kearsipan ini mendapatkan pujian dari Perpustakaan Nasional. Kita juga hari ini akan melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama (MoU) dengan Lapas Anak dan juga Poltekes Gorontalo dalam rangka meningkatkan minat baca di Provinsi Gorontalo,” ujar Yosep.

Utusan Kabupaten Gorontalo menjadi juara I dengan judul cerita “Apulu”. Sementara itu juara II adalah utusan Kabupaten Bone Bolango dan Juara III utusan Kabupaten Pohuwato.  Juara Harapan I Kabupaten Boalemo, juara harapan II utusan Kota Gorontalo, dan juara harapan III Kabupaten Gorontalo Utara.

Pewarta : Nova

Editor : Asriani

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini