TPA Talumelito Raih Penghargaan Plakat Adipura Terbaik Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup 

Kadis PUPR Hendri Djuuna saat menyerahkan bantuan kepada masyarakat sekitar TPA Talumelito yang telah memberikan kontribusi dalam pencapaian penghargaan Adipura

Gorontalo – Satu lagi penghargaan nasional diraih Provinsi Gorontalo. Melalui UPTD TPA Persampahan Regional Talumelito yang merupakan UPTD Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Gorontalo, berhasil meraih penghargaan Plakat Adipura Terbaik Nasional Kategori Kota Sedang dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI,  Siti Nurbaya Bakar, pada Malam Anugerah Lingkungan, di Auditorium Gedung Manggala Wanabhakti Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut Hafri S. Masyhur Kepala UPTD TPA Talumelito melalui releasenya kepada media , Senin (28/8), mengatakan sejak awal beroperasi diakhir Tahun 2011 hingga saat ini, TPA Talumelito telah melayani pembuangan sampah dari 3 wilayah yaitu, Kota Gorontalo (±78,8%),  Kabupaten Gorontalo(±17,18%) dan kabupaten Bone Bolango,(±4,4%).

Hafri menjelaskan penghargaan yang diberikan tersebut diberikan berdasarkan penilaian dari Tim Evaluasi Kementerian Lingkungan Hidup yang sekaligus sebagai Tim Penilai Kota Adipura.

“Sarana TPA merupakan salah satu kriteria yang memiliki bobot penting untuk dipertimbangkan. Selain itu TPA Persampahan Talumelito dengan pengelolaan sampah Sistem Sanitary Landfill (lahan urug saniter) menjadi prioritas dalam penilaian karena sistem ini merupakan sarana pengurugan sampah ke lingkungan yang disiapkan dan dioperasikan secara sistematis, dengan penyebaran dan pemadatan sampah pada area pengurugan, serta penutupan sampah dilakukan setiap hari,” jelas Hafri.

Kepala TPA Talumelito ini juga menyebutkan sistem ini telah dilengkapi dengan pengolahan air limbah (lindi) dengan tujuan agar air rembesan sampah tidak langsung dibuang ke alam bebas, namun melalui proses aerasi sehingga tidak menimbulkan pencemaran lingkungan.

” Kamipun telah menerapkan konsep 3R yaitu Resuduks Reuse Recycle,” kata Hafri.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Gorontalo Henri Djuuna  bersyukur atas diraihnya penghargaan tingkat nasional ini dan berterima kasih atas kerja keras seluruh pihak.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada para pemulung dan masyarakat sekitar yang telah bersama-sama dalam menjaga dan berpartisipasi dalam mendukung layanan pengelolaan sampah dalam kawasan TPA  Persampahan Talumelito,” kata Hendri.

Atas keberhasilan ini dan sebagai rasa terima kasih kepada masyarakat,   Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Gorontalo menggelar syukuran yang dirangkaikan dengan pengobatan gratis bekerja sama dengan Bapelkesman dan Bantuan dari Baznas Provinsi Gorontalo . Pengobatan gratis diberikan kepada  kurang lebih 100 orang yang berasal dari pemulung, masyarakat sekitar dan pegawai UPTD. TPA , dan bantuan Baznas kepada 33 orang pemulung.

” Pemberian pengobatan gratis ini bertujuan membantu masyarakat dalam kawasan TPA Talumelito khususnya bagi pemulung untuk mendapatkan akses kesehatan secara langsung dalam membantu dan memantau kesehatan sekaligus mengedukasi masyarakat secara umum akan pentingnya kebersihan yang merupakan pangkal dari kesehatan,” pungkas Hendri.

Pewarta/editor : Asriani

Foto                   : Dinas PUPR Provinsi

280 total views, 3 views today

author

Author: 

Leave a Reply