TP PKK Gorontalo Luncurkan Program 1000 Buku Sagusaku

Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah melucurkan program 100 buku Satu Guru Satu Buku (SAGUSAKU) bertempat di SMA N 2 Limboto, Kabupaten Gorontalo, Selasa (8/5/2018). Program ini diharapkan dapat meningkatkan literasi bagi para guru di Gorontalo. (Foto: Burhan-Humas).

KABUPATEN GORONTALO, Humas – Sebanyak 1000 buku SAGUSAKU (Satu Guru Satu Buku) dilaunching oleh Ketua TP. PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibie pada acara Pagelaran Budaya bertempat di SMA Negeri 2 Limboto, Kabupaten Gorontalo, Selasa (8/5/2018). Buku yang telah dirilis tersebut merupakan buku hasil karya dari para guru yang ada di Provinsi Gorontalo.

“Saya sangat bangga dan mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada guru-guru yang telah membukukan karyanya. Ini menunjukkan dan membuktikan bahwa guru di Provinsi Gorontalo memiliki intelegensi yang tinggi dengan membaca dan menulis buku,” ujar isteri Gubernur Gorontalo Rusli Habibie itu.

Baca Juga :  Antisipasi Berita Hoaks, Gubernur Gandeng Pengurus Muhammadiyah

Peluncuran buku yang dikemas dalam pagelaran budaya ini juga turut menampilkan persembahan-persembahan kesenian ciri khas Gorontalo seperti : tarian tidi , tarian dana-dana dan alaikaya yang dibawakan oleh kurang lebih 240 siswa kelas X SMU Negeri 2 Limboto.

“Pagelaran budaya seperti ini mudah-mudahan dapat dilakukan oleh sekolah-sekolah lain, agar para siswa dapat mengenal, mencintai dan melestarikan budayanya sendiri. Pengenalan budaya Gorontalo memang harus ditanamkan sejak dini khususnya kepada generasi muda agar budaya ini tidak akan pernah punah,” sambung Idah.

Sebagai orang Gorontalo, jelas Idah, sudah sepatutnya menjaga dan melestarikan budaya maupun ciri khas daerah. Terlebih, Kemendikbud telah menetapkan lima budaya Gorontalo sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB). WBTB tersebut yakni budaya Paiya Lohungo Lopoli, Tuja’I, Wunungo, Tidi Lopolopalo dan Palebohu yang menjadi lima dari 150 karya budaya yang ditetapkan sebagai WBTB se-Indonesia.

Baca Juga :  Minim Partisipasi, Idah Kampanye Pemeriksaan Kanker Serviks

Pewarta: Burhan

Editor: Isam

255 total views, 2 views today

author

Author: