TNI AL Bangun Pangkalan di Gorontalo Utara

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim meletakkan batu pertama pembangunan Lanal Gorontalo Utara, Rabu (17/1)

GORONTALO – TNI AL merealisasikan pembangunan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) di Kabupaten Gorontalo Utara. Peletakkan batu pertama pembangunan markas Lanal Gorontalo Utara dilakukan oleh Panglima Komando Armada Kawasan Timur (Pangkoarmatim) Laksamana Muda TNI Didik Setiyono bersama Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim di Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara, Rabu (17/1).

“Pembangunan Lanal Gorontalo Utara sangat tepat dan strategis. Dilihat dari kondisi geografis di bagian utara Gorontalo, potensi ancaman sangat tinggi,” kata Wagub Idris Rahim dalam sambutannya pada kegiatan itu.

Lebih lanjut Idris mengungkapkan, hadirnya Lanal Gorontalo Utara diharapkan akan semakin memperkuat kekuatan pertahanan di Provinsi Gorontalo dalam rangka menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI. Wagub juga berharap, lengkapnya seluruh unsur TNI di Kabupaten Gorontalo Utara akan semakin memperkuat koordinasi dan keterpaduan TNI bersama Kepolisian, pemerintah daerah, dan masyarakat, dalam membangun Provinsi Gorontalo khususnya Gorontalo Utara yang lebih maju dan sejahtera.

“Kehadiran Lanal Gorut mudah-mudahan akan membawa Gorut menjadi lebih maju. Keamanannya terjamin juga kesejahteraan masyarakatnya tercapai,” ujar Idris.

Sementara itu Pangkoarmatim Laksamana Muda TNI Didik Setiyono dalam sambutan tertulis KASAL mengatakan, pembangunan Lanal Gorontalo Utara bertujuan untuk mendukung tugas TNI AL dalam membangun kekuatan sistem senjata armada terpadu, untuk mewujudkan TNI AL yang handal, disegani, dan berkelas dunia.

Didik menjelaskan, pembangunan Lanal Gorontalo Utara juga dimaksudkan untuk merespon perkembangan strategis dalam mengamankan wilayah perairan di laut Sulawesi yang berhadapan langsung dengan negara tetangga dengan kerawanan yang cukup tinggi dan berbagai pelanggaran seperti illegal fishing, illegal mining, illegal logging, dan trans trafficking.

“Pembangunan Lanal Gorontalo Utara ini adalah titik awal dalam mewujudkan Lanal yang ideal guna memberikan dukungan logistik dan administrasi bagi TNI AL yang beroperasi di laut Sulawesi dan sekitarnya,” jelas Jenderal TNI AL Bintang Dua tersebut.

Pada kesempatan itu Pangkoarmatim mengapresiasi sinergitas dan dukungan yang telah diberikan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Pemkab. Gorontalo Utara, sehingga pembangunan Lanal yang bertipe D itu bisa direalisasikan.

“Marilah sama-sama kita melakukan pengawasan melekat terhadap pembangunan Lanal ini, sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan kepada generasi penerus,” pungkas Pangkoarmatim Laksamana Muda TNI Didik Setiyono.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

113 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply