Tingkatkan Pasar, IWAPI Dorong Pemanfaatan Teknologi Informasi

Ketua IWAPI Provinsi Gorontalo Idah Syahidah didampingi para pengurus memotong tumpeng sebagai peringatan HUT IWAPI ke-43 yang dipusatkan di Kabupaten Boalemo, Sabtu (10/2). IWAPI ingin mendorong pemanfaatan TI untuk pemasaran produk usaha anggotanya. (Foto: Burhan-Humas).

Pesatnya perkembangan teknologi dewasa ini harus dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) untuk memasarkan berbagai produk usahanya. Hal itu disampaikan Ketua IWAPI Provinsi Gorontalo saat memperingati HUT IWAPI ke-43, Sabtu (10/2).

“Para pengurus dan kader IWAPI harus melek TI, sebab potensi pasar domestik maupun investor luar negeri akan semakin terbuka jika IWAPI melek dan menguasai perkembangan teknologi informasi,” kata Idah Syahidah selaku Ketua IWAPI Provinsi Gorontalo.

Baca Juga :  MENTAN RI PANEN RAYA DI PULUBALA

Menurut Idah, saat ini sudah ada pergesaran pasar di semua bidang. Transaksi usaha tidak lagi dilakukan secara tatap-muka antara pembeli dan penjual. Pola konvensional itu sudah bergeser ke pola yang lebih modern dengan adanya internet dan media sosial.

“Hari ini seorang ibu rumah tangga bisa menjadi pengusaha sukses dengan memanfaatkan aplikasi jual beli serta media sosial. Seseorang yang menjaga anak di rumah, bisa menjual produk apa saja hanya dengan bermodalkan smartphone di tangannya. Tidak perlu ada toko dengan harga mahal dan modal besar,” imbuh istri Gubernur Gorontalo Rusli Habibie itu.

Hal lain yang terus didorong oleh IWAPI adalah perhatian pemerintah terhadap para pelaku UMKM baik dalam hal permodalan maupun pemasaran. Perlu adanya kolaborasi yang berkelanjutan antara pemerintah dan swasta untuk mendorong produktivitas perempuan pengusaha di daerah.

Baca Juga :  BBU Paguat, Pusat Udang Vannamei Gorontalo

Idah juga berharap kepada ketua dan pengurus IWAPI Kabupaten/Kota untuk dapat melebarkan sayapnya sampai ke kecamatan dengan membentuk pengurus ranting. Agar program IWAPI bisa dirasakan sampai ke tingkat kecamatan dan desa.

Pada peringatan HUT IWAPI ke-43 tingkat provinsi, Idah beserta jajaran pengurus mengisi dengan berbaga kegiatan sosial. Di antaranya dengan mengunjungi dan berbagi dengan anak-anak panti asuhan dan pondok pesantren di Kabupaten Boalemo. Ada juga kegiatan senam bersama penyandang disabilitas, sosialisasi anti narkoba dan kesehatan reproduksi berlangsung di rumah dinas Gubernur Gorontalo pekan lalu.

Pewarta: Burhan

Editor : Isam

138 total views, 1 views today

author

Author: