Tingkatkan Mutu IKM, UPTD BPSMB Gelar Workshop SNI ISO 9001 : 2015

GORONTALO, Humas  – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumperindag) Provinsi Gorontalo menggelar Workshop Pemahaman SNI ISO 9001 : 2015  guna meningkatkan standar mutu bagi pelaku UKM dan IKM, di  Naca’s Cafe dan Resto Kota Gorontalo, Selasa (24/4).

Kepala Dinas Kumperindag Provinsi Gorontalo  yang diwakili Sekretaris Dinas Efendi Ipango dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini akan memberikan informasi dan pemahaman terkait standar dalam hal sistim manajemen mutu yang dapat diterapkan UKM dan IKM guna mengatur manajerial usahanya.

“Perlunya pemahaman standar bagi pelaku UKM dan dikarenakan umumnya pelaku UKM dan IKM belum menyadari proses pengadaan bahan baku, produksi dan layanan pelanggan serta dokumen tertulis, “ papar Efendi.

Baca Juga :  Ketua Dekranasdaprov : Pangan Olahan Ikan Bernilai Jual Tinggi

Menurutnya standar dapat menjadi acuan bagi pelaku usaha produsen/industri mengenai kepastian batas/persyaratan yang diterima pasar untuk membentuk persaingan pasar yang transparan, melindungi kepentingan dan keselamatan konsumen, kesehatan masyarakat, dan perlindungan kelestarian lingkungan.

“Diperlukan kesadaran semua pihak untuk meningkatkan manajeman mutu guna meningkatkan daya saing produknya, “ imbuh Efendi.

UPTD BPSMB Provinsi Gorontalo merupakan lembaga penjamin mutu yang berada di bawah Dinas Kumperindag Provinsi Gorontalo yang mempunyai tugas sesuai dengan Pergub Nomor 62 Tahun 2017 untuk melakukan pembinaan bimbingan dan penyuluhan terkait mutu barang yang sesuai dengan keinginan masyarakat.

Sementara itu Kepala UPTD BPSMB Ishak Salandra dalam laporannya sebagai panitia menjelaskan, workshop Pemahaman SNI ISO 9001 : 2015 bagi Pelaku UKM dan IKM menghadirkan pemateri Kepala Sub Bidang Promosi Pusat Pendidikan dan Pemasyarakatan Standardisasi Badan Standardisasi Nasional (BSN) M. Wibowo Sukendar, serta IKM Pia Saronde yang pernah memperoleh nominasi SNI Award Tahun 2013. Kegiatan ini diikuti 100 peserta dari pelaku usaha dan stakeholder.

Baca Juga :  Gubernur Gorontalo Bagi-bagi Bantuan Berkah Ramadhan di Pohuwato

Pewarta /foto : UPTD BPSMB Prov. Gorontalo

Editor : Asriani

131 total views, 1 views today

author

Author: