Tingkatkan Konsumsi Ikan Melalui Variasi Olahan Menu Yang Menarik

Ketua Forikan Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibir (ketiga kanan), didampingi Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo, Sutrisno (kedua kanan), melihat hasil olahan menu ikan pada lomba memasak menu ikan di halaman rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Jumat (27/10)

GORONTALO Provinsi Gorontalo memiliki potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang berlimpah. Potensi tersebut harus bisa dimanfaatkan secara optimal, baik untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia maupun untuk mendorong peningkatan ekonomi kerakyatan di sektor perikanan. Hal ini disampaikan Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Gorontal, Idah Syahidah Rusli Habibie, saat membuka lomba memasak menu serba ikan tingkat Provinsi Gorontalo di halaman rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Jumat (27/10).

Idah menjelaskan, untuk terus meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Provinsi Gorontalo, pihaknya terus mengkampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Salah satunya dengan mendorong masyarakat untuk berkreasi menciptakan olahan masakan ikan yang menarik, berkualitas, dan menyehatkan.

Jangan hanya terpaku pada menu masakan yang itu-itu saja. Ikan harus diolah dengan menu yang bervariasi, sehingga memberikan rasa yang berbeda, enak, menyehatkan dan menggugah selera makan, khususnya bagi anak-anak yang dalam masa pertumbuhan, ujar Idah.

Idah juga mendorong masyarakat untuk memanfaatkan berlimpahnya ikan hasil tangkapan nelayan dengan berkreasi menciptakan berbagai produk makanan ataupun jajanan berbahan dasar ikan. Dirinya menuturkan, ikan tidak hanya dapat diolah sebagai lauk pendamping nasi, tetapi harus diolah menjadi produk jajanan yang sehat dan berkualitas. Menurutnya, dengan kemajuan teknologi pengolahan, pengepakan, dan pemasaran, produk jajanan ikan dapat menjadi peluang usaha yang baik dalam meningkatkan ekonomi keluarga dan masyarakat.

“Melalui strategi ini kita berharap konsumsi ikan di Provinsi Gorontalo akan terus meningkat. Kebutuhan protein hewani masyarakat terpenuhi, sekaligus pendapatan dan kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat, pungkas Idah Syahidah.

Pewarta : Burhan/Haris
Editor : Haris
Foto : Burhan

92 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply